Rupiah Ditutup Melemah Terdorong Sentimen Serangan AS ke Baghdad

Kompas.com - 03/01/2020, 17:12 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (3/1/2020) kembali mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah diutup melemah di level Rp 13.890 per dollar AS melemah 37 poin atau 0,27 persen dibanding penutupan Selasa sebelumnya Rp 13.853 per dollar AS.

Ariston Tjendra, Kepala Riset PT Monex Investindo Futures mengatakan pelemahan rupiah terdorong oleh isu terbaru. Menurutnya hal ini terkait kekhawatiran pasar karena serangan militer AS ke Baghdad siang ini.

"Serangan militer AS ke kawasan Baghdad Irak pagi ini yang menewaskan salah satu pemimpin pasukan Iran yang mendorong kekhawatiran pasar yang baru," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Akhir Pekan, Rupiah Dibuka Menguat Tipis

Ariston juga menyebutkan terkait dorongan sentimen tersebut, aset safe haven seperti emas dan dollar AS semakin diburu.

"Aset-aset safe haven diburu pelaku pasar karena kekhawatiran tersebut. Pukul 13.00 WIB, rupiah bergerak melemah dan berpotensi menuju ke Rp 13.950 per dollar AS," jelasnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X