Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Ditutup Melemah Terdorong Sentimen Serangan AS ke Baghdad

Kompas.com - 03/01/2020, 17:12 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (3/1/2020) kembali mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah diutup melemah di level Rp 13.890 per dollar AS melemah 37 poin atau 0,27 persen dibanding penutupan Selasa sebelumnya Rp 13.853 per dollar AS.

Ariston Tjendra, Kepala Riset PT Monex Investindo Futures mengatakan pelemahan rupiah terdorong oleh isu terbaru. Menurutnya hal ini terkait kekhawatiran pasar karena serangan militer AS ke Baghdad siang ini.

"Serangan militer AS ke kawasan Baghdad Irak pagi ini yang menewaskan salah satu pemimpin pasukan Iran yang mendorong kekhawatiran pasar yang baru," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Akhir Pekan, Rupiah Dibuka Menguat Tipis

Ariston juga menyebutkan terkait dorongan sentimen tersebut, aset safe haven seperti emas dan dollar AS semakin diburu.

"Aset-aset safe haven diburu pelaku pasar karena kekhawatiran tersebut. Pukul 13.00 WIB, rupiah bergerak melemah dan berpotensi menuju ke Rp 13.950 per dollar AS," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com