Edhy Prabowo akan Kunjungi Kapal Ilegal dari Vietnam yang Ditangkap

Kompas.com - 06/01/2020, 14:59 WIB
Menteri KP Edhy Prabowo usai mengikuti pertemuan di Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta, Senin (6/1/2020). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri KP Edhy Prabowo usai mengikuti pertemuan di Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta, Senin (6/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya kapal-kapal pencuri ikan asing di Laut Natuna membuat berbagai kementerian menyoroti kasus tersebut. Teranyar, pemerintah mengerahkan pasukan tambahan dan mengamankan 3 kapal asing asal Vietnam.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo mengatakan, tiga kapal yang berhasil diamankan itu saat ini berada di Pontianak. Dia berencana mengunjunginya pada Rabu mendatang.

"Tanggal 30 kemarin kita sudah menangkap 3 kapal. Saya hari ini harusnya ada di sana menyambut para ABK kita yang berhasil menangkap. Mungkin hari Rabu (ke sana) karena hari ini masih ada rapat lanjutan dengan Menko Polhukam," kata Edhy di Jakarta, Senin (6/1/2020).

Baca juga: Edhy Prabowo Soal 1.000 Kapal di Natuna: Kita Harus Cool Sikapi Ini

Edhy mengaku terus berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Namun, koordinasi itu belum bisa dia paparkan secara implisit.

"Terus koordinasi dengan Menkopolhukam. Nggak mungkin kita ceritakan di publik. Kita enggak usah cerita dulu detil. Inikan hubungannya dengan keamanan dan kedaulatan negara," ujarnya.

Dia bilang, KKP akan menjalankan tugas sesuai fungsinya, termasuk menangani kapal asing yang malang-melintang di perairan Natuna dan menjalin komunikasi lintas kementerian.

Untuk itu, dia minta semua pihak jangan terprovokasi dan terpancing dengan perlawanan dari pencuri ikan Vietnam maupun China dilengkapi China Cross Guard (CCG).

"Apapun yang diperintahkan kepada kami, kami akan jalankan. Yang penting kita cool enggak usah terlalu terpancing, yang penting kita semua kompak," sebut Edhy.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X