Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Edhy Prabowo akan Kunjungi Kapal Ilegal dari Vietnam yang Ditangkap

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo mengatakan, tiga kapal yang berhasil diamankan itu saat ini berada di Pontianak. Dia berencana mengunjunginya pada Rabu mendatang.

"Tanggal 30 kemarin kita sudah menangkap 3 kapal. Saya hari ini harusnya ada di sana menyambut para ABK kita yang berhasil menangkap. Mungkin hari Rabu (ke sana) karena hari ini masih ada rapat lanjutan dengan Menko Polhukam," kata Edhy di Jakarta, Senin (6/1/2020).

Edhy mengaku terus berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Namun, koordinasi itu belum bisa dia paparkan secara implisit.

"Terus koordinasi dengan Menkopolhukam. Nggak mungkin kita ceritakan di publik. Kita enggak usah cerita dulu detil. Inikan hubungannya dengan keamanan dan kedaulatan negara," ujarnya.

Dia bilang, KKP akan menjalankan tugas sesuai fungsinya, termasuk menangani kapal asing yang malang-melintang di perairan Natuna dan menjalin komunikasi lintas kementerian.

Untuk itu, dia minta semua pihak jangan terprovokasi dan terpancing dengan perlawanan dari pencuri ikan Vietnam maupun China dilengkapi China Cross Guard (CCG).

"Apapun yang diperintahkan kepada kami, kami akan jalankan. Yang penting kita cool enggak usah terlalu terpancing, yang penting kita semua kompak," sebut Edhy.

https://money.kompas.com/read/2020/01/06/145900026/edhy-prabowo-akan-kunjungi-kapal-ilegal-dari-vietnam-yang-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke