Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta BUMN Tak Kuasai Seluruh Proyek Nasional

Kompas.com - 15/01/2020, 13:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Menteri BUMN Erick Thohir menggandeng para pengusaha muda dalam mengerjakan proyek-proyek nasional.

Mantan Wali Kota Solo itu tak ingin lagi mendengar perusahaan-perusahaan BUMN menguasai proyek nasional yang ada di Indonesia.

“Berikan porsi besar kepada pengusaha muda, jangan sampai (proyek) yang ada dikerjakan anak usaha BUMN, cucu-cucu BUMN. Kerjakan oleh swasta-swasta, terutama pengusaha muda yang terhimpun di Hipmi,” ujar Jokowi saat menghadiri pelantikan BPP Hipmi XVI di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Baca juga: Tiga Perusahaan BUMN Dapat “Berkah” dari Pertemuan Jokowi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi

Jokowi mengaku kerap mendapatkan keluhan dari para pengusaha mengenai proyek-proyek strategis nasional yang kerap dikuasai oleh perusahaan-perusahaan pelat merah.

“Saya sudah titip ke Pak Erick agar jangan sampai pekerjaan-pekerjaan yang ada di BUMN dikerjakan semua oleh BUMN. Sebetulnya dari dulu sudah saya ingatkan itu, mestinya sekarang sudah jelas karena yang pimpin Pak Erick,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, kerja sama antara BUMN dan swasta bisa meningkatkan kualitas pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

“Seingat saya setahun di BUMN Rp 2.400 triliun yang bisa dikerjakan, APBN kita saja hanya Rp 2.500 triliun, dari angka itu bisa menumbuhkan yang muda naik kelas ke menengah, dari menengah (ke) besar, saya sudah titip, tanyakan ke Pak Erick, tanyakan langsung,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com