Jokowi Minta BUMN Tak Kuasai Seluruh Proyek Nasional

Kompas.com - 15/01/2020, 13:11 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan di acara pelantikan BPP HIPMI XVI di Jakarta, Rabu (15/1/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPresiden Joko Widodo saat memberi sambutan di acara pelantikan BPP HIPMI XVI di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Menteri BUMN Erick Thohir menggandeng para pengusaha muda dalam mengerjakan proyek- proyek nasional.

Mantan Wali Kota Solo itu tak ingin lagi mendengar perusahaan-perusahaan BUMN menguasai proyek nasional yang ada di Indonesia.

“Berikan porsi besar kepada pengusaha muda, jangan sampai (proyek) yang ada dikerjakan anak usaha BUMN, cucu-cucu BUMN. Kerjakan oleh swasta-swasta, terutama pengusaha muda yang terhimpun di Hipmi,” ujar Jokowi saat menghadiri pelantikan BPP Hipmi XVI di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Baca juga: Tiga Perusahaan BUMN Dapat “Berkah” dari Pertemuan Jokowi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi

Jokowi mengaku kerap mendapatkan keluhan dari para pengusaha mengenai proyek-proyek strategis nasional yang kerap dikuasai oleh perusahaan-perusahaan pelat merah.

“Saya sudah titip ke Pak Erick agar jangan sampai pekerjaan-pekerjaan yang ada di BUMN dikerjakan semua oleh BUMN. Sebetulnya dari dulu sudah saya ingatkan itu, mestinya sekarang sudah jelas karena yang pimpin Pak Erick,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, kerja sama antara BUMN dan swasta bisa meningkatkan kualitas pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

“Seingat saya setahun di BUMN Rp 2.400 triliun yang bisa dikerjakan, APBN kita saja hanya Rp 2.500 triliun, dari angka itu bisa menumbuhkan yang muda naik kelas ke menengah, dari menengah (ke) besar, saya sudah titip, tanyakan ke Pak Erick, tanyakan langsung,” ucap dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X