BPS Mutakhirkan Data Pola Konsumsi

Kompas.com - 28/01/2020, 21:02 WIB
Kepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (12/12/2019) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAKepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (12/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) akan melakukan pemutakhiran diagram timbang untuk data inflasi mulai tahun 2020.

Pemutakhiran tersebut membuat sejumlah penggambaran indeks harga konsumen (IHK) akan mengalami perubahan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pemutakhiran diagram timbang bakal mengubah tampilan inflasi menurut kelompok pengeluaran saat rilis BPS tentang inflasi pada 3 Februari 2020 mendatang.

"Otomatis BPS mulai 3 Februari, tampilan inflasi menurut kelompok pengeluaran akan berubah," kata Kepala BPS Suhariyanto di Gedung BPS 1, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Suhariyanto pun menyebut, pemutakhiran diagram timbang IHK 2018 ini menyempurnakan metodologi berdasarkan standar penghitungan IHK sesuai buku consumer price index manual yang menjadi rujukan United Nations (UN).

Selain itu, metodologi juga akan mengacu pada classification of individual consumption according to purpose (COICOP) tahun 2018, yang sebelumnya menggunakan tahun dasar 2012.

Nantinya, rilis inflasi akan mencakup kota yang lebih luas, dari 82 kota menjadi 90 kota, 33 ibukota provinsi menjadi 34 ibukota provinsi, dan 49 kabupaten/kota menjadi 56 kabupaten/kota.

"Maka mulai tahun 2020 ini, cakupannya akan diperluas sampai dengan 90 kota. Mungkin indikator inflasi akan lebih detil," ujar Suhariyanto.

Untuk meningkatkan akurasi, BPS juga mengubah paket komoditas menjadi 835 jumlah komoditas terpilih yang masuk dalam Paket Komoditas Nasional hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2018.

Komoditas terpilih tersebut menyempurnakan paket komoditas dan diagram timbang hasil SBH 2012 yang sebelumnya digunakan.

Dari 835 jumlah komoditas terpilih, terdapat 98 jumlah komoditas baru yang terpilih dan 101 jumlah komoditas yang hilang.

Beberapa komoditas baru yang terpilih, meliputi lampu LED/hemat energi, jasa penitipan anak/day care, tas travel/koper, kereta bayi/stroller, sewa tempat karaoke, obat-obatan herbal, charger, power bank, aksesoris hp, dan jasa foto studio.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X