Dari Es Regal hingga Menu Ikan, 8 Kuliner Ini Bisa Jadi Tren 2020

Kompas.com - 11/02/2020, 16:40 WIB
Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo (kedua kanan) berfoto bersama dalam acara LebiHepi Gofood di Jakarta, Selasa (11/2/2020). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAChief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo (kedua kanan) berfoto bersama dalam acara LebiHepi Gofood di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan transportasi berbasis teknologi (startup) on demand Gojek baru saja merilis hidangan alias kuliner yang bakal tren dipesan pada aplikasi Gojek di tahun 2020.

Tren tersebut berkembang dari pola konsumsi masyarakat dan munculnya beragam kuliner dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjamur di masyarakat Indonesia.

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, terdapat 8 menu yang bakal tren di 2020, meliputi 3 makanan seperti nasi telur, menu ikan, dan bubur ayam.

Baca juga: Ini 3 Hidangan Terlaris di GoFood

Ada pula 2 minuman, seperti minuman coklat dan es dicampur biskuit regal (es regal), serta 3 tipe jajanan antara lain bakwan, tahu, dan donat.

"Mulai banyak merchant-merchant yang banyak memuat varian ikan, es regal, dan gorengan. Ini adalah upcoming tren, some will be tren, some will be stay," kata Catherine di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Catherine mengungkap, metodologi prediksi yang digunakan berdasar pada data pertumbuhan kuliner di aplikasi gofood selama 6 bulan terakhir.

"Metodologi prediksi sangat simpel. Kita olah dan rangkum dari data beberapa bulan terakhir yang memiliki growth (pertumbuhan). Bukan berarti growthnya sudah besar, atau volumenya sudah tinggi," jelasnya.

Lebih lanjut dia bilang, tren juga dipengaruhi oleh waktu pengguna memesan layanan antar makanan. Jika dulu yang paling ramai hanya waktu makan malam, sekarang layanan juga ramai pada waktu makan siang, sore hari pukul 15.00 WIB-16 WIB (coffee time), dan berlanjut pada sarapan pagi.

"Karena breakfast makin sering (ada yang pesan) juga, makanya tren bubur ayam juga naik," ungkapnya.

Sementara itu, terdapat 3 hidangan yang menjadi favorit pelanggan untuk dipesan sepanjang 2019 kemarin, antara lain ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng.

Ayam geprek telah terjual sekitar 300 juta porsi, setara dengan jarak pulang-pergi (PP) Jakarta-Kalimantan bila disusun memanjang tinggi.

Sementara es kopi susu telah terjual 15 juta gelas. Volume tersebut mampu mengisi 2,5 kali kolam renang standar olimpiade. Kemudian, lebih dari 5 juta pisang goreng terjual alias setara dengan 116 kali tinggi Gunung Rinjani.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X