Asosiasi UMKM: Stimulus dari Pemerintah adalah Berita Baik, tetapi...

Kompas.com - 27/03/2020, 16:20 WIB
M. Ikhsan Ingratubun KONTAN/DOK PRIBADIM. Ikhsan Ingratubun
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan, stimulus yang diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM untuk penanggulangan virus corona (Covid-19) merupakan berita baik.

Namun, kata dia, eksekusi stimulus yang diberikan pemerintah tersebut belum berjalan baik di lapangan atau di tingkat bawah. 

Misalnya, kata Ikhsan, soal stimulus untuk kredit dari industri keuangan bank dan non-bank ke pelaku UMKM yang memiliki nilai kredit di bawah Rp 10 miliar.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Bandara Yogyakarta dan Solo Tetap Beroperasi

"Ini masih belum jelas, katanya untuk industri keuangan bank dan non-bank, apakah itu hanya perbankan saja atau tidak, atau termasuk leasing kah? Karena sejauh ini masih banyak leasing-leasing yang melakukan penagihan ke rumah-rumah," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Bahkan, lanjut Ikhsan, ada beberapa leasing yang menyuruh debt collector-nya untuk langsung datang menagih ke rumah masyarakat. Hal ini dinilai dapat menyebabkan keresahan masyarakat di tengah wabah virus corona.

Hal yang kedua, Ikhsan mempertanyakan apakah stimulus ke UMKM termasuk penangguhan pembayaran listrik dan air. Oleh sebab itu, pemerintah perlu memberikan kejelasan dan kepastian akan hal ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya pemerintah memberikan stimulus untuk UMKM adalah berita baik menurut kami, tetapi pada pelaksanaanya di lapangan masih tidak sesuai," kata dia.

Baca juga: Asosiasi UMKM Minta Pembayaran Listrik Ditunda Akibat Dampak Corona

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.