Tak Digunakan 30 Hari, Bantuan Pelatihan Kartu Prakerja Bakal Hangus

Kompas.com - 11/04/2020, 21:30 WIB
Kartu Prakerja prakerja.go.idKartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Program Kartu Prakerja resmi dibuka hari ini, Sabtu (11/4/2020).

Program yang diperuntukkan bagi para pencari kerja ini bisa diakses melalui laman prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, setiap peserta nantinya akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan bertahap selama empat bulan.

Namun demikian, dia mengatakan, manfaat tersebut bisa hangus. Hal itu terjadi bila dalam 30 hari peserta yang bersangkutan tidak menggunakan dana bantuan tersebut untuk melakukan pelatihan.

"Bantuan pelatihan bisa hangus bila dalam 30 hari setelah ditetapkan, penerima belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama," ujar Airlangga dalam video conference peluncuran Kartu Prakerja, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Bisa Diakses di Seluruh Indonesia

"Artinya setelah dapat notifikasi, penerima dalam 30 hari belum melakukan pelatihan, kartu hangus tidak bisa dilanjutkan lagi," jelas dia.

Sebagai rincian manfaat tersebut terdiri atas biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif setelah menuntaskan pelatihan Rp 2,4 juta yang akan diberikan Rp 600.000 setiap bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 150.000 (masing-masing Rp 50.000 untuk tiga kali survei).

Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun www.prakerja.go.id. Insentif akan disalurkan secara bertahap, peserta dapat mengecek statusnya di dashboard akun masing-masing.

Adapun untuk bisa mendapatkan pelatihan, setelah calon peserta telah mendaftar dan lolos proses pendaftaran, peserta yang bersangkutan bisa membeli pelatihan yang diinginkan melalui e-commerce yang bekerja sama dengan pemerintah.

"Apabila diterima pendaftaran, kami akan cross check data dengan di tempat kami, peserta bisa langsung membeli pelatihan di berbagai toko seperti Tokopedia, Ruangguru, Maubelajarapa, dan lainnya. Pembayarannya dilakukan dengan kode unik 16 angka," jelas Airlangga.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Akan Terima Duit Rp 3,55 Juta dan Ditransfer ke Rekening

Jika uang bantuan untuk pelatihan sisa, peserta bisa menggunakannya untuk membeli modul pelatihan kedua atau ketiga hingga 31 Desember 2020.

Namun demikian, perlu dicatat peserta baru bisa mengambil pelatihan selanjutnya setelah tuntas pelakukan pelatihan pertama.

"Bantuan lewat program Kartu Prakerja hanya diberikan satu kali pada satu orang, agar bisa merata dan lebih banyak," jelas dia.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X