Terdorong Sentimen Harga Minyak, Rupiah Melemah Lagi

Kompas.com - 22/04/2020, 09:27 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (22/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.16 WIB, rupiah berada pada level Rp 15.538 per dollar AS atau melemah 71 poin (0,46 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 15.468 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sentimen harga minyak akan terus menekan pergerakan rupiah dan jika sentiment harga minya bertahan negatif cukup lama, maka rupiah akan terus tertekan.

Baca juga: Pembukaan Bursa, IHSG Turun 1,34 Persen

“Bila sentimen negatif ini bertahan, Rupiah bisa kembali tertekan,” ungkap Ariston.

Harga minyak mentah yang kemarin turun memberikan sentimen negatif ke pelaku pasar. Industri minyak melibatkan banyak stakeholder termasuk perusahaan keuangan sehingga bila industri terpuruk, dampak negatif ke bisa terasa ke perekonomian.

Selain itu, turunnya harga minyak memberi sinyal ekonomi global masih tertekan yang menurunkan permintaan minyak sebagai sumber energi.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran level Rp 15.600 per dollar AS sampai dengan Rp 15.400 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Diproyeksikan Bakal Tertekan, Ini Penyebabnya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X