BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Berkah Daun Pepaya dalam Hidup Irwan Hidayat dan Upaya Sido Muncul Melawan Wabah

Kompas.com - 23/04/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi daun pepaya Ilustrasi daun pepaya
|

KOMPAS.com - Siapa sangka Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, pernah terkena penyakit Dengue Hemorrhagiz Fever (DHF) atau yang lebih dikenal dengan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penyakit DBD disebabkan infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk betina Aedes aegypti dan Ae. albopictus.

Sekitar 7 tahun lalu, Irwan pernah dirawat di rumah sakit selama 10 hari akibat terkena DBD, seperti dilansir Kompas.id, Senin (20/4/2020).

Pada saat terkena DBD yang kedua kalinya pada 5 tahun lalu, Irwan mengaku tidak menjalani pengobatan di rumah sakit.

Ia justru mencoba terapi minum air parutan daun pepaya (carica papaya). Meski rasanya pahit, air daun pepaya diminum Irwan tiga kali sehari yakni tiap pagi, siang, dan sore hari.

Upaya mengonsumsi daun pepaya itu ternyata membawa berkah, kesehatan Irwan pun berangsur normal.

“Setelah lima hari, badan saya membaik dan melakukan tes darah. Kondisi berangsur normal,” tutur Irwan dikutip dari Kompas.id.

Menurut dia, daun pepaya merupakan suplemen yang mudah didapat di mana pun dan harganya tak mahal.

“Semua orang bisa punya pohon pepaya di rumah. Bisa diminum daunnya satu lembar, dicampur air,” katanya.

Berangkat dari pengalaman itu, Sido Muncul pun memproduksi kapsul daun pepaya.

Kapsul itu pun menjadi salah satu produk yang dibagikan Sido Muncul dalam paket bantuan sosial untuk Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT) untuk menghadapi wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (tengah) memberikan bantuan penanggulangan wabah Covid-19 kepada Anastasia Chaterin dari Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT), Rabu (22/4/2020)Dok. Sido Muncul Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (tengah) memberikan bantuan penanggulangan wabah Covid-19 kepada Anastasia Chaterin dari Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT), Rabu (22/4/2020)
Adapun paket bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, Tolak Angin Cair, Vit C 1.000, dan tak ketinggalan Kapsul Sari Daun Pepaya senilai Rp 300 juta itu diserahkan Irwan kepada Anastasia Chaterin dari BAKKAT pada Rabu (22/4/2020).

“Sebab sekarang mulai memasuki musim pancaroba. Saya khawatir nanti akan muncul DBD dan penyakit ini lebih berbahaya,” kata Irwan dalam pernyataan tertulis.

Pada kesempatan itu, Sido Muncul juga memberi bantuan uang tunai Rp 100 juta dan produk senilai Rp 25 juta kepada Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dalam menghadapi pandemi virus corona.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menyerahkan bantuan secara simbolis senilai Rp 125 juta kepada Rektor UIN Prof. Dr Komaruddin Hidayat.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kiri) menyerahkan bantuan penanggulangan wabah Covid-19 senilai Rp 125 juta kepada Rektor UIN Prof. Dr Komaruddin Hidayat, Rabu (22/4/2020)
Dok. Sido Muncul Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kiri) menyerahkan bantuan penanggulangan wabah Covid-19 senilai Rp 125 juta kepada Rektor UIN Prof. Dr Komaruddin Hidayat, Rabu (22/4/2020)
Selain itu, perusahaan obat herbal terstandar itu memberikan bantuan penanggulangan wabah Covid-19 berupa 500 paket sembako untuk Kodim Semarang, dan 1.000 paket sembako untuk UNNES.

Tak ketinggalan, Sido Muncul memberikan 250 paket sembako untuk Paroki Santo Yohanes Rasul Pringwulung, Yogyakarta serta paket produk Sido Muncul senilai Rp 130 juta untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menanggulangi wabah Covid-19.

"Hari ini kami kembali menyalurkan bantuan dalam bentuk uang tunai, paket produk Sido Muncul, paket sembako, dan Alat Pelindung Diri (APD) dengan total nilai Rp 820 juta,” imbuh Irwan.

Lawan Covid-19

Bantuan Sido Muncul itu merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk membantu tenaga medis dan masyarakat terdampak Covid-19.

Sido Muncul telah menyiapkan dana sebesar Rp 15 miliar yang akan disalurkan dalam bentuk paket produk Sido Muncul, paket sembako, uang tunai, APD berupa hazmat, sarung tangan, masker, face shield, Virus Transport Media (VTM), rapid test, hand sanitizer, dan disinfektan.

Hingga kini, Sido Muncul telah menyerahkan bantuan senilai Rp 2 miliar kepada benihbaik.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Palang Merah Indonesia (PMI), kitabisa.com, serta pengemudi ojek online dan supir bajaj pada 4 April lalu.

Tak hanya itu, Sido Muncul memberikan paket sembako dan produk Sido Muncul kepada 1.000 pengemudi taksi melalui situs penggalangan dana kitabisa.com.

Sido Muncul menyiapkan dana bantuan penanggulangan wabah Covid-19 sebesar Rp 15 miliar yang akan disalurkan dalam bentuk paket produk Sido Muncul, paket sembako, uang tunai, APD berupa hazmat, sarung tangan, masker, face shield, Virus Transport Media (VTM), rapid test, hand sanitizer, dan disinfektan.
Dok. Sido Muncul Sido Muncul menyiapkan dana bantuan penanggulangan wabah Covid-19 sebesar Rp 15 miliar yang akan disalurkan dalam bentuk paket produk Sido Muncul, paket sembako, uang tunai, APD berupa hazmat, sarung tangan, masker, face shield, Virus Transport Media (VTM), rapid test, hand sanitizer, dan disinfektan.
Sido Muncul pun memberikan paket sembako, produk Sido Muncul, dan hand sanitizer untuk 300 pengemudi ojek online dan 100 supir bajaj, serta mendistribusikan 500 paket produk Sido Muncul ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Kemudian, Sido Muncul memberikan 1.000 paket sembako kepada warga di Bekasi Barat pada 5 April 2020.

Produsen obat herbal terstandar itu juga memberikan paket produk berupa Tolak Angin Cair, Vit C 1.000, dan Jahe Wangi kepada Akademi Kepolisian di Semarang pada hari yang sama.

Lantas, Sido Muncul memberi bantuan 6.000 paket sembako pada Yayasan Media Group pada 17 April 2020.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya