Menelusuri Pemilik Saham Ruangguru Pte Ltd Singapura yang Diklaim Milik Belva

Kompas.com - 24/04/2020, 09:51 WIB
Belva Devara CEO Ruangguru Belva DevaraBelva Devara CEO Ruangguru

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangguru tengah jadi sorotan publik setelah CEO-nya, Adamas Belva Syah Devara, mundur dari posisi Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Stafsus milenial ini memilih menanggalkan jabatannya, pasca keterlibatan perusahaannya di pelatihan Kartu Prakerja dipersoalkan.

Status Ruangguru yang merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) asal Singapura juga dipermasalahkan sejumlah kalangan. Karena perusahaan asing, Ruangguru atau PT Ruang Raya Indonesia dinilai tak berhak mengelola pelatihan Kartu Prakerja program pemerintah lewat platfom Skill Academy.

Belva Devara sendiri tidak menyangkal bahwa Ruangguru merupakan perusahaan PMA. Namun dia membantah jika mayoritas sahamnya dimiliki oleh investor Singapura.

"Tidak benar (mayoritas saham dimiliki investor Singapura). Ya Ruangguru Pte Ltd yang di Singapura ya punya saya juga, kami juga punya pegawai di Singapura," tegas Belva memberikan klarifikasi.

Baca juga: Bantah Ruangguru Milik Singapura, Belva Devara: Semuanya Punya Saya!

Mengutip data AHU Kemenkumham, sebanyak 99,99 persen saham PT Ruang Raya Indonesia dimiliki oleh Ruangguru Pte Ltd. Sebagai pengendali saham perusahaan di Indonesia, Ruangguru Pte Ltd, beralamat di 6 Battery Road #38-04, Singapura, 049909.

"Selain di Singapura, kami juga ada ratusan pegawai di Vietnam dan juga di Thailand. Semuanya punya saya, anak muda kebangsaan Indonesia," kata Belva.

Sementara itu, ditelusuri dari The Accounting and Corporate Regulatory Authority (ACRA) milik Pemerintah Singapura, Sabtu (24/4/2020), terdapat 21 pemegang saham yang tercatat di Ruangguru Pte Ltd.

Perusahaan dari negara surga pajak

Sebanyak 7 pemegang saham di Ruangguru Pte Ltd merupakan perusahaan yang beralamat di Singapura antara lain Asia Impact Investment Fund I Pte Ltd, East Ventures Sea 1 Pte Ltd, East Ventures Sea 2 Pte Ltd, dan GGV VII Investment Pte Ltd.

Baca juga: Pemerintah Buka-bukaan soal Proses Kerja Sama dengan Ruangguru dkk

Beberapa pemilik saham Ruangguru juga tercatat merupakan perusahaan asal negara-negara surga pajak. Pemegang saham tersebut yakni ASEAN China Investment Fund III yang beralamat di Caymand Island, Isla Vista Group Ltd dari Virgin Island, Tanoto Foundation dari Caymand Island, dan Mexsteel Holding Limited dari Virgin Island.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X