3 Sentimen Bakal Dorong IHSG Melemah Hari Ini

Kompas.com - 29/04/2020, 08:30 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan akan melemah. Sebelumnya IHSG ditutup positif dengan kenaikan 0,36 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan ada tiga faktor yang mendorong pergerakan IHSG hari ini, antara lain harga minyak yang turun, rencana pembukaan lockdown di AS dan Eropa serta musim laporan laba korporsi yang diperkirakan tidak sesuai ekspektasi analis.

“Kami pikir IHSG akan konsolidasi melemah tipis di pasar. Ini sepertinya akan terjadi beberapa hari ke depan terdorong musim laporan korporasi yang kemungkinan akan buruk, harga minyak yang turun dan rencana pembukaan lockdown,” kata Hans kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Ada Larangan Mudik, 6 Maskapai Ini Sulap Pesawatnya Jadi Angkutan Kargo

Menurut Hans, pasar saat ini sedang dalam kondisi positif, akibat rencana pembukaan lockdown secara perlahan di beberapa negara bagian di AS dan Eropa. Dengan pembukaan lockdown di beberapa negara bagian AS dan Eropa maka pergerakan ekonomi akan kembali berlanjut, ini tentunya menjadi sentimen positif bagi indeks saham.

Namun sayangnya ada dua sentiment negatif yang akan mempengaruhi pasar hari ini. Pertama, harga minyak yang sangat volatil, dan saat ini turun menyusul kekhawatiran pasar, tempat penampungan minyak masih penuh untuk kontrak bulan Juni.

Selanjutnya, laporan laba korporasi juga dinilai tidak menunjukkan laporan yang bagus karena selama pandemi Covid-19 beberapa perusahaan menghentikan operasionalnya dan merumahkan sebagian karyawannya. Dengan begitu perusahaan tidak mendapat income yang diharapkan.

Baca juga: [POPULER MONEY] Harga Emas Melorot | 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja

“Jadi market bisa terkoreksi, dimana dari 3 sentimen, ada 2 sentimen negatif dan 1 sentimen positif. Jadi yang kita liaht market akan terkoreksi sedikit

Hans menyebut, IHSG hari ini berpeluang konsolidasi melemah dengan support pada level 4.474 sampai 4.441 dan resistance pada level 4.593 sampai 4.747.

Baca juga: Besok Hari Terakhir Lapor SPT Tahunan, Ketahui Formulir dan Caranya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X