Pagi Ini, Rupiah Menguat ke Level Rp 14.075 Per Dollar AS

Kompas.com - 05/06/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (5/6/2020) menguat tipis.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.17 WIB rupiah berada pada level Rp 14.075 per dollar AS. Rupiah menguat 20 poin (0,14 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.095 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah akhir pekan ini sedikit tertekan lantaran data ekonomi yang menunjukkan peningkatan angka pengangguran sehingga berdampak pada tertahannya asset berisiko yang masuk ke pasar domestik.

Baca juga: Rupiah Pagi Melemah

“Penguatan aset-aset berisiko agak tertahan pagi ini karena pasar mengevaluasi data-data ekonomi yang masih memburuk seperti data tenaga kerja yang masih menunjukkan peningkatan pengangguran. Malam ini pasar akan menantikan data tenaga kerja AS-Non Farm Payrolls,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Namun, Ariston menilai aset berisiko masih berpotensi menguat hari ini karena pasar masih merespon positif pembukaan ekonomi negara pandemi.

Kemudian ditambah dengan rencana stimulus baru dari beberapa negara seperti AS, Jepang dan Zona Eropa yang akan membantu pemulihan ekonomi ke depan.

Baca juga: Ini Kurs Rupiah Terkini di 5 Bank Besar

“AS masih dalam diskusi untuk menggelontorkan stimulus fiskal baru. Bank Sentral Eropa akan menyediakan dana lebih dari 1 miliar Euro untuk program pembelian obligasi. Bank sentral Jepang berencana melipatgandakan bantuan ke sektor UKM,” ujar dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini masih berpotensi menguat dan berpotensi menuju support di kisaran Rp 14.000 per dollar AS dan resisten pada level Rp 14.200 per dollar AS.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X