Erick Thohir Ingin Tambah Porsi Pihak Eksternal untuk Direksi BUMN

Kompas.com - 12/06/2020, 17:08 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penyemprotan disinfektan untuk mencegah Virus Corona (Covid-19) di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020) KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIMenteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penyemprotan disinfektan untuk mencegah Virus Corona (Covid-19) di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir berencana mengubah komposisi pemilihan jajaran direksi di sebuah perusahaan plat merah besar.

Menurut dia, sebelumnya komposisi pihak eksternal untuk mengisi jabatan di sebuah BUMN hanya 10 persen.

“Saya juga review beberapa peraturan talent pool perusahan BUMN besar, kan selama ini 10 persen supaya bisa recruitment dari luar. (Nantinya) recruitment boleh 30 persen dari luar,” ujar Erick saat teleconference dengan wartawan, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Ini Tugas dari Erick Thohir yang Dibebankan ke Dirut Pertamina dalam 2 Tahun ke Depan

Erick menjelaskan, hal tersebut perlu diterapkan agar semua yang mengisi jabatan direksi BUMN mempunyai kapasitas yang mumpuni di bidangnya.

Sehingga, pemilihan direksi BUMN bukan karena ada unsur kedekatan secara personal.

“Supaya talent pool besar, di kita ( BUmN) sudah enggak ada lagi direktur ini harganya segini, enggak ada mestinya, kalau (masih) ada saya copot juga,” kata Erick.

Erick menginginkan di tiap perusahaan pelat merah orang-orang yang mengisi jabatan tertentu merupakan orang yang ahli di bidangnya.

“Saya yakin pergantian (direksi) BUMN diterima market. Ini bukan GR, tapi (ada) beberapa persepsi baik,” ucap dia.

Baca juga: Erick Thohir: Tak Semua Dirut BUMN yang Diangkat Rini Soemarno Saya Ganti



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X