Pagi Ini, Rupiah Dibuka Melemah

Kompas.com - 15/07/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (15/7/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.18 WIB rupiah berada pada level Rp 14.455 per dollar AS atau melemah 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.450 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, walaupun melemah, pergerakan rupiah akan positif terdorong oleh sentimen kemajuan penelitian vaksin Covid-19 dan juga penguatan indeks saham AS kemarin.

Baca juga: IHSG Dibuka Positif Pagi Ini

“Hari ini pergerakan aset berisiko termasuk rupiah di pasar Asia akan positif, merespons kabar baik dari kemajuan penelitian vaksin Covid-19. Pergerakan positif ini juga mengikuti pergerakan pasar saham AS kemarin,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, kemajuan penelitian vaksin Covid-19 oleh perusahaan Bioteknologi AS, Moderna melaporkan hasil pengujian vaksin yang sukses memproduksi antibodi di tubuh manusia subyek penelitian.

“Vaksin merupakan solusi untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19,” ungkap dia.

Di sisi lain, pengumuman data neraca perdagangan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) juga akan menjadi sentimen penggerak rupiah hari ini. Ariston memproyeksikan neraca perdagangan Indonesia bulan Juni 2020 akan surplus.

“Pasar juga akan memperhatikan data neraca perdagangan Indonesia bulan Juni yang diperkirakan surplus. Ini bisa mendukung penguatan nilai tukar rupiah,” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah ahri ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.350 per dollar AS sampai dengan Rp 14.500 per dollar AS.

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Rp 4.000



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X