Investor Retail Bahana TCW Naik 9 Persen

Kompas.com - 27/07/2020, 17:14 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana TCW Investment Management catatkan kenaikan jumlah investor retail hingga Juli 2020 sekitar 50.000 investor, atau bertumbuh 9 persen dibandingkan total jumlah investor diakhir 2019 lalu sebesar 45.000 investor.  

Pertumbuhan jumlah investor retail sejalan dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, munculnya platform aplikasi investasi yang memudahkan para investor, dan nilai investasi yang semakin terjangkau.

Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif PT Bahana TCW Investment Management, Soni Wibowo mengatakan kontribusi pertumbuhan dana investasi dari investor retail terhadap total dana kelolaan relatif cukup kecil dibandingkan dengan total dana dari investor institusional.

Baca juga: Lelang Rumah di Depok, Harga Mulai Rp 250 Juta

“Kami memang lebih mengutamakan pertumbuhan jumlah investor retail dibandingkan nilai investasi. Ini adalah sesuatu yang positif, dan kami berharap dengan kesadaran terhadap investasi, dapat meningkatkan jumlah investasi di reksa dana,” ungkap Soni dalam siaran media, Senin (27/7/2020).

Soni memaparkan, mayoritas investor retail berasal dari kalangan usia produktif mulai dari umur 21 sampai dengan 29 tahun dengan produk favorit, reksa dana pasar uang.

Selain itu, jenis reksa dana pendapatan juga digemari para investor retail, setelah mereka mulai merasa nyaman berinvestasi di reksa dana.  

Guna meningkatkan digitalisasi produk investasi, Bahana TCW terus memperluas kerja sama dengan platform investasi digital. Saat ini, Bahana TCW bekerja sama dengan 13 APERD (Agen Penjual Reksa Dana) non bank dan menyediakan 17 produk reksa dana yang bisa menjadi pilihan investor retail.

Baca juga: Libur Idul Adha, KAI Beri Diskon Harga Tiket KA Argo Bromo Anggrek



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X