Kompas.com - 22/08/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi wartawan mewawancarai pejabat ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAIlustrasi wartawan mewawancarai pejabat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menjadi pukulan telak bagi perekonomian di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Berbagai pihak mengakui, dampak ekonomi yang dirasakan akibat Covid-19 jauh lebih hebat dari periode-periode sebelumnya.

MenterI Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak negatif terhadap sisi perekonomian saja, tapi juga kesehatan hingga sosial suatu negara.

“Ini adalah tantangan public policy yang luar biasa,” ujarnya dalam diskusi virtual, Sabtu (22/8/2020).

Baca juga: Banjir Sajadah Impor Asal China, Industri Tekstil Lokal Babak Belur

Besarnya dampak dari pandemi Covid-19 terefleksikan dengan terus diperbesarnya anggaran bantuan sosial (Bansos) yang disiapkan pemerintah bagi berbagai kalangan masyarakat.

Wanita yang akrab disapa Ani itu mengakui, perluasan Bansos yang dilakukan saat ini jauh lebih besar dibandingkan periode-periode sebelumnya.

Bahkan, Bansos yang disiapkan untuk meredam dampak Covid-19, disebut jauh lebih besar ketimbang pada saat krisis ekonomi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya pernah menjadi Menteri Keuangan dulu zaman Pak SBY. Kita juga menghadapi berbagai gejolak-gejolak, namun yang betul-betul mencoba untuk memperluas Bansos karena ini Covid tidak pandang bulu,” tutur Ani.

Baca juga: Subsidi Gaji Karyawan Dipastikan Cair pada 25 Agustus 2020

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.