Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2020, 09:59 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (27/8/2020) dibuka menguat.

Melansir Bloomberg, pukul 09.07 WIB rupiah menguat pada level Rp 14.612 per dollar AS atau naik 65 poin (0,44 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.686 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun dibuka menguat, pergerakan rupiah akan tertekan terdrorong sentimen meningkatnya ketegangan AS dan China terkait konflik Laut China Selatan.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah Sore Ini

Padahal, kedua negara melakukan pertemuan melalaui virtual dan berkomitmen menjalankan kesepakatan dagang fase I, yang menjadi optimisme pasar kemarin.

“Sentimen positif dari pasar keuangan AS semalam mungkin bisa tertahan hari ini di pasar Asia karena ketegangan AS dan China di kawasan laut China Selatan,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston juga mengatakan, pasar masih tertekan dengan kondisi ekonomi global yang akibat penyebaran virus Covid-19 yang masih meningkat. Selain itu pasar juga masih menantikan pidato Gubernur Bank Sentral AS di pertemuan Jackson Ville malam ini untuk terkait arah pasar selanjutnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.600 per dollar AS sampai dengan Rp 14.750 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com