KILAS

Wamendag Harap Technopark Cimahi Mampu Dongkrak Ekspor Produk Digital Indonesia

Kompas.com - 14/09/2020, 09:10 WIB
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga melakukan kunjungan ke Kawasan Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (12 Sep).

Humas WamendagWakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga melakukan kunjungan ke Kawasan Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (12 Sep).

KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya untuk mendorong pengembangan ekspor  produk kreatif dan digital Indonesia.

Wamendag mengatakan, salah satu cara untuk mewujudkan itu adalah melalui kehadiran Technopark Cimahi.

“Technopark Cimahi sudah memiliki potensi penyewa (tenant) binaan yang sudah sangat berkembang dan diharapkan akan memberikan dampak besar terhadap ekspor produk digital Indonesia,” terang Wamendag, seperti dalam keterangan tertulisnya yang Kompas.com terima.

Hal tersebut dikatakan Wamendag saat mengunjungi Technopark Cimahi pada Sabtu (12/9/2020) di Bandung, Jawa Barat.

Kunjungan Wamendag ke Technopark ini merupakan bagian misi Kemendag untuk mencari peluang potensi ekspor alternatif, seperti, produk digital, industri kreatif, dan produk berteknologi tinggi.

Baca juga: Harga Bahan Pangan Naik, Jokowi Tegur Menteri Perdagangan

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan, Technopark Cimahi adalah kawasan terbuka untuk pemangku kepentingan dalam mengembangkan inovasi, kolaborasi, dan inkubasi produk-produk kreatif serta teknologi.

Produk-produk itu, seperti pembuatan aplikasi, produk animasi, film, hingga kerajinan.

“Technopark ini dikembangkan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi melakukan pengembangan produk berdaya saing dan bernilai tambah tinggi,” jelasnya.

Wamendag juga menyebut, program ini sudah sesuai dengan visi Pemerintah Kota (pemkot) Cimahi dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dengan keterbatasan sumber daya alam (SDA).

Baca juga: Ini Pesan Jokowi kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad menyampaikan bahwa total wilayah Cimahi hanya sekitar 40 kilometer (km) persegi. Cimahi tidak memiliki hutan atau SDA lain yang dapat diunggulkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X