Ada Demo Tolak Omibus Law, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM Aman

Kompas.com - 09/10/2020, 13:37 WIB
Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul unjuk rasa di Jakarta dan sekitarnya, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region ( MOR) III memastikan operasional penyaluran energi BBM dan elpiji ke masyarakat tetap terpenuhi dan kondusif.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan, wilayah MOR III melingkupi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat memiliki beberapa terminal BBM dan terminal elpiji.

Untuk wilayah Jabodetabek, kebutuhan energi ini memang disuplai dari Integrated Terminal Jakarta Group.

Baca juga: Ini Rencana Jokowi Setelah Omnibus Law Cipta Kerja Disahkan DPR

Namun demikian, apabila diperlukan perseroan bisa melakukan alih suplai dari Fuel Terminal dan elpiji Terminal lainnya seperti Tanjung Gerem dan Tanjung Sekong, Bandung Group dan Balongan, Jawa Barat.

"Kami senantiasa berkoordinasi sehingga fasilitas distribusi Pertamina di wilayah Jawa bagian Barat dapat menopang kebutuhan masyarakat," kata Eko, dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10/2020).

Kendati demikian, Eko mengakui, pihaknya harus menutup 2 SPBU yang berada di wilayah Jakarta dan Kabupaten Bekasi akibat dari aksi demonstrasi.

Di Jakarta, pada Kamis malam (8/10/2020), Pertamina menghentikan sementara operasional SPBU 34.11104 di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, seiring dengan intensitas aksi yang cukup tinggi.

Eko menambahkan, bagi pengendara yang melintas di sekitar Jl Hayam Wuruk, dapat memperoleh BBM di SPBU alternatif yang terdekat.

Sementara, di wilayah Kabupaten Bekasi, malam ini Pertamina juga menghentikan sementara operasional SPBU 34.17536 di Jalan Raya Fatahilah.

Eko meminta kepada masyarakat tidak khawatir karena pihaknya menyiagakan SPBU alternatif dengan jarak terdekat.

"Pertamina akan mengoperasikan kembali SPBU tersebut sewaktu-waktu, jika suasana telah kondusif," ucapnya.

Baca juga: Buntut Ricuh Demo Tolak Omnibus Law, Pertamina Tutup Sementara 2 SPBU Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X