Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas PEN: Baru Pertama Kali Kita Punya Bantuan Langsung ke UMKM

Kompas.com - 15/12/2020, 13:38 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan berbagai program bantuan untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meredam dampak pandemi Covid-19, salah satunya melalui program Bantuan Presiden Produktif atau bantuan langsung tunai (BLT) khusus pelaku usaha mikro.

Koordinator Tim Kerja Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Bambang Widianto mengatakan, ini baru pertama kalinya pemerintah menggelontorkan BLT kepada sektor usaha.

"Ini baru pertama kali Indonesia krisis kita punya bantuan langsung kepada UMKM," ujarnya dalam Virtual Talkshow yang digelar HSBC, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Ini Langkah untuk Mengecek Apakah Anda Penerima BLT Subsidi Gaji atau Bukan

Menurut dia, BLT untuk para pelaku usaha mikro menjadi penting, mengingat sektor tersebut menjadi yang paling terdampak oleh pandemi yang telah merebak sejak Maret lalu.

"Di data saya itu, memang kalau kita lihat dibandingan usaha menengah atau usaha besar, usaha mikro itu paling terdampak. Dia bahkan 90 persen mengalami penurunan omzet, khusus mikro," ujarnya.

Penurunan omzet tersebut lebih tinggi dibandingkan sektor usaha menengah yang turun sekitar 80 persen.

"Mereka (sektor mikro) juga harus membayar cicilan, harus membayar utilities seperti listrik dan sebagainya," kata Bambang.

Oleh karenanya, BLT dinilai menjadi perlu oleh pemerintah untuk meringankan beban sektor usaha yang paling terdampak oleh pandemi tersebut.

"Yang biasanya kita memberikan bantuan tunai kepada keluarga, keluarga tetap juga, sekarang kita membutuhkan bantuan langsung tunai kepada UMKM. Ini baru pertama kali Indonesia melakukan itu," ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu melaporkan, penyaluran Banpres Produktif untuk usaha mikro telah mencapai 100 persen dari anggaran Rp 28,8 triliun.

Baca juga: Ada Ratusan Ribu UMKM di Festival Diskon Nasional, Dapatkan Diskon hingga 75 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com