Satgas PEN: Baru Pertama Kali Kita Punya Bantuan Langsung ke UMKM

Kompas.com - 15/12/2020, 13:38 WIB
Ilustrasi penyaluran BLT UMKM (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penyaluran BLT UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan berbagai program bantuan untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meredam dampak pandemi Covid-19, salah satunya melalui program Bantuan Presiden Produktif atau bantuan langsung tunai (BLT) khusus pelaku usaha mikro.

Koordinator Tim Kerja Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Bambang Widianto mengatakan, ini baru pertama kalinya pemerintah menggelontorkan BLT kepada sektor usaha.

"Ini baru pertama kali Indonesia krisis kita punya bantuan langsung kepada UMKM," ujarnya dalam Virtual Talkshow yang digelar HSBC, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Ini Langkah untuk Mengecek Apakah Anda Penerima BLT Subsidi Gaji atau Bukan

Menurut dia, BLT untuk para pelaku usaha mikro menjadi penting, mengingat sektor tersebut menjadi yang paling terdampak oleh pandemi yang telah merebak sejak Maret lalu.

"Di data saya itu, memang kalau kita lihat dibandingan usaha menengah atau usaha besar, usaha mikro itu paling terdampak. Dia bahkan 90 persen mengalami penurunan omzet, khusus mikro," ujarnya.

Penurunan omzet tersebut lebih tinggi dibandingkan sektor usaha menengah yang turun sekitar 80 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka (sektor mikro) juga harus membayar cicilan, harus membayar utilities seperti listrik dan sebagainya," kata Bambang.

Oleh karenanya, BLT dinilai menjadi perlu oleh pemerintah untuk meringankan beban sektor usaha yang paling terdampak oleh pandemi tersebut.

"Yang biasanya kita memberikan bantuan tunai kepada keluarga, keluarga tetap juga, sekarang kita membutuhkan bantuan langsung tunai kepada UMKM. Ini baru pertama kali Indonesia melakukan itu," ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu melaporkan, penyaluran Banpres Produktif untuk usaha mikro telah mencapai 100 persen dari anggaran Rp 28,8 triliun.

Baca juga: Ada Ratusan Ribu UMKM di Festival Diskon Nasional, Dapatkan Diskon hingga 75 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.