KILAS

Dapatkan Izin Penggunaan Slot Orbit 113 BT, Telkomsat Siap Perkuat Infrastruktur Satelit TelkomGroup

Kompas.com - 06/01/2021, 08:37 WIB
Logo Telkomsat. DOK. Humas TelkomLogo Telkomsat.

KOMPAS.com – Direktur Utama dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mengatakan, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) berhasil menjadi pemenang Seleksi Penggunaan Filling Satelit Indonesia di Slot Orbit 113 derajat Bujur Timur (BT).

“Keberhasilan ini adalah hal yang strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat nantinya dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Tak hanya itu, langkah ini juga dianggap baik bagi Telkomsat sebagai penyedia layanan satelit yang telah berpengalaman dalam memberikan layanan berkualitas tinggi dan berstandar internasional dari hulu ke hilir.

“Semoga dengan izin penggunaan slot orbit ini dapat mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok dan peningkatan kualitas dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Program Internet Desa, Telkom Siap Kolaborasi dengan APJII

Ririek menambahkan, TelkomGroup melalui Telkomsat telah merencanakan menempatkan satelit dengan teknologi terbaru yang dikenal sebagai High Throughput Satellite (HTS).

Menurutnya, teknologi ini cocok untuk melayani pelanggan broadband satelit yang mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113°BT sebelum 31 Desember 2024.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semoga ini memantapkan langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional,” tutur Ririek.

Perlu diketahui, slot orbit 113 derajat BT merupakan salah satu slot orbit premium yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku administrator telekomunikasi Indonesia.

Baca juga: Ingin APBN Subsidi Tepat Sasaran, Pertamina Gandeng Telkom Digitalisasi SPBU

Keberhasilan Telkomsat ini pun sesuai dengan siaran pers Kominfo No. 06/HM/KOMINFO/01/2021 tentang Kelanjutan Penggunaan Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT, Selasa (5/1/2021).

Sebelumnya, Kominfo menyelenggarakan proses Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di slot orbit 113 derajat BT, Senin (5/10/2020).

Telkomsat mengikuti proses seleksi yang dilaksanakan dengan prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest).

Dari proses seleksi tersebut, Telkomsat dinyatakan berada di peringkat tertinggi peserta seleksi berdasarkan total penilaian evaluasi kelayakan.

Baca juga: Jelang Vaksinasi, Bio Farma dan Telkom Bangun Infrastruktur Digital Vaksin Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.