Kompas.com - 22/02/2021, 12:31 WIB
Proses flotasi atau pengapungan mineral tambang, seperti tembaga, emas, dan perak. Proses itu dilakukan untuk memperoleh konsentrat yang terdiri dari tembaga, emas, dan perak. Konsentrat itu kemudian dialirkan ke Pelabuhan Amamapare, dikeringkan, dan kemudian dikirim ke pabrik-pabrik pengecoran. KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOProses flotasi atau pengapungan mineral tambang, seperti tembaga, emas, dan perak. Proses itu dilakukan untuk memperoleh konsentrat yang terdiri dari tembaga, emas, dan perak. Konsentrat itu kemudian dialirkan ke Pelabuhan Amamapare, dikeringkan, dan kemudian dikirim ke pabrik-pabrik pengecoran.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga komoditas tembaga menguat ke level tertinggi dalam kurun waktu hampir 10 tahun terakhir. Penguatan ini didorong oleh optimisme pembangunan infrastruktur di berbagai negara pasca-pandemi Covid-19.

Dilansir dari CNN, Senin (22/2/2021), harga tembaga berada di atas 4 dollar AS atau setara Rp 56.000 (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS) per pon. Ini merupakan kali pertama sejak September 2011.

Sebagaimana diketahui, tembaga merupakan salah satu komoditas logam yang banyak digunakan dalam suatu konstruksi, seperti untuk pembuatan jaringan kelistrikan atau pipa air.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN PT INTI untuk Lulusan SMK hingga S1

Dengan adanya rencana pembukaan kembali ekonomi Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Joe Biden dan juga keberlanjutan pemulihan ekonomi China, penguatan harga tembaga diproyeksi masih akan terjadi.

Saat ini, China tengah banyak menggunakan tembaga. Ini terefleksikan dengan stok penyimpanan tembaga Negeri Tirai Bambu itu yang berada di level terendah sejak 10 tahun terakhir.

“Pemulihan (ekonomi) telah meluas dan itu pertanda baik untuk harga tembaga dalam jangka panjang, setiap negara membutuhkan tembaga," kata analis komoditas di Bank of America Merrill Lynch (BAC).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Analis BofA memproyeksikan, harga tembaga bisa naik di atas 4,54 dollar AS atau Rp 63.560 pada tahap tertentu.

Baca juga: Memahami IHSG: Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitungnya



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.