Kompas.com - 01/04/2021, 14:43 WIB
Ilustrasi rupiah, ilustrasi penyaluran BLT UMKM Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah, ilustrasi penyaluran BLT UMKM
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, hingga 31 Maret 2021, pihaknya telah mencairkan dana bantuan melalui program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BLT UMKM kepada 5,2 juta pelaku UMKM.

Teten mengatakan, nilai dana yang sudah disalurkan tersebut mencapai Rp 6,2 triliun.

"Pencairan ini pun sudah kami lakukan melalui 8 tahap dan saat ini sedang proses 2 tahap lagi," ujarnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (1/4/2021).

Dia mengatakan, penyaluran BLT UMKM merupakan salah satu bantuan pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: BLT UMKM Dipotong Setengah, dari Rp 2,4 Juta Jadi Rp 1,2 Juta


Bantuan tersebut diharapkan pemerintah bisa mendorong pemulihan ekonomi yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kami memang dimintai cepat untuk menyalurkannya," kata Teten.

Terkait anggaran BLT UMKM 2021, Teten mengatakan besaran dana yang disalurkan Rp 1,2 juta per UMKM. Angka tersebut menyusut 50 persen dibandingkan BLT UMKM 2020.

Dia menjelaskan potongan ini dilakukan karena keterbatasan dana yang diberikan oleh pemerintah.

"Anggaran tahun ini bakal beda. Saat ini disetujui 12,8 juta penerima. Untuk besarannya Rp 1,2 juta bukan Rp 2,4 juta," ucapnya.

Selain anggaran yang dipotong, pemerintah juga menambah lembaga penyalurannya. Selain BNI dan BRI, kini ditambah Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan POS Indonesia.

"Kami menambahkan penyalurnya biar proses penyalurannya lebih cepat juga. Sementara lembaga pengusul kami kurangi dari 5 lembaga menjadi 1," kata Teten.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, KAI Belum Jual Tiket Periode Lebaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.