Kompas.com - 07/04/2021, 10:33 WIB
Menteri Perdagangan M Lutfi Dok KemendagMenteri Perdagangan M Lutfi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan stok bahan pokok tersedia dengan harga yang stabil, bahkan relative turun menjelang Ramadhan tahun 2021.

Hal ini disampaikan Lutfi usai melakan peninjauan harga dan stok bahan pokok menjelang Bulan Ramadhan, di Pasar Induk Keramat Jati Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

“Pagi ini saya memulai cek ketersedian barang untuk Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri tahun ini. Saya ke Pasar Kramat Jati dulu memeriksa dari hulunya. Kita bisa lihat tadi, semua harga barang bisa dibilang stabil, bahkan turun,” jelas Lutfi kepada wartawan.

Baca juga: Luhut Ingin Indonesia Merajai Ekspor Bahan Pangan di Dunia

Lutfi mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih stabil antara Rp 18.000 sampai dengan Rp 21.000 per kilogram.

Demikian juga dengan harga cabai keriting yang saat ini mendekati harga Rp 70.000 per kilogram, setelah sebelumnya sempat berada di level Rp 100.000-an per kilogram.

Lutfi bilang, menjelang panen nanti bahkan harga bawang, cabai merah, dan cabai merah keriting akan lebih turun lagi.

“Jadi kami pastikan Puasa Ramadhan tahun ini harga-harga stabil dan terjangkau, dengan adanya penen kmungkinan besar harga bisa menurun. Mudah-mudahan puasa kita tahun ini bisa lebih tenang dan bisa lebih baik, karena suplai semua (bahan pokok) saya jamin dan pastikan barangnya ada dan tersedia,” kata dia.

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Kue di Bulan Ramadhan dan Lebaran

Terkait dengan beras, baik yang kualitas premium maupun mediaum, Lutfi memastikan tetap stabil dan semua barang tersedia.

“(Beras) semua harganya stabil jadi tidak ada penurunan harga. Jadi semua bisa tercukupi dalam negeri dan akan kita cukupi suplai dalam negeri,” jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X