Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Digital Akan Diluncurkan Pertengahan Tahun ini

Kompas.com - 08/04/2021, 18:05 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA akan segera meluncurkan operasional bank digital dalam waktu dekat.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memastikan, layanan bank digital yang merupakan konversi dari PT Bank Royal Indonesia itu, akan diluncurkan selambat-lambatnya pertengahan tahun ini.

“Royal Bank dikonversikan, disiapkan menjadi BCA digital. Kita harap sekitar pertengahan tahun ini paling lambat itu kita bisa operasikan,” ujar Jahja dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Bos BCA: Kita Akan Mencoba Menjadi Super App

Jahja menyebutkan, layanan bank digital tersebut akan melengkapi layanan perbankan BCA yang saat ini telah dioperasikan, sehingga dapat menyentuh berbagai kalangan nasabah.

“Contoh Mc Donald, Mc Donald itu ada dateng bsia duduk dengan nyaman. Kalau dia enggak mau dateng ke situ dia pesen saja melalui e-commerce platform yang menyediakan Mc Donald,” tutur dia.

Layanan bank digital itu, kata Jahja, rencananya akan menyasar segmen milenial.

Namun, tidak menutup kemungkinan diperluas ke segmen lain.

“Tetapi kita lebih expect bahwa yang milenial ini akan masuk menjadi nasabah daripada digtial bank ini,” ucap Jahja.

Baca juga: BCA: ATM Setor Tunai Kami Bisa Deteksi Uang Palsu

Sebagai informasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan Peraturan OJK (POJK) tentang perbankan digital pada semester I-2021.

Ketua Eksekutif Industri Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan, aturan tersebut akan melengkapi POJK terkait operasional bank umum.

“OJK tidak mendikotomikan bank digital atau bank umum, di dalam Undang-Undang perbankan kita hanya mengenal dua bank, Bank Umum dan BPR," ujar Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com