Stok Aman, Bulog Pastikan Tak Perlu Impor Beras

Kompas.com - 26/04/2021, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog menjamin stok kebutuhan beras aman dan tidak akan melakukan impor hingga akhir 2021.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, stok beras nasional saat ini mencapai 1,2 juta ton dan telah menyerap beras dari petani hingga 438.000 ton.

"Sampai hari ini kita sudah menyerap beras itu 438.000 ton, ini masih berjalan sampai akhir Mei. Kalau sekarang stok beras sudah 1,2 juta ton, maka Mei itu bisa sampai 1,5 juta ton," ujar pria yang akrab disapa Buwas itu saat peluncuran ipangandotcom, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Jokowi: Untung Kita Tak Impor, Stok Beras di Bulog Cukup

Dengan amannya stok beras di Bulog sebanyak 1 juta hingga 1,5 juta ton, maka dipastikan pemerintah tidak perlu melakukan impor beras.

"Berarti hari ini sebenarnya sudah selesai tugas Bulog, tidak perlu impor lagi. Batasan dari Bapak Presiden untuk dievaluasi lagi Juni, bisa saya pastikan bahwa kita tidak perlu impor lagi," ungkap dia.

Buwas juga memprediksi stok cadangan beras di gudang Bulog hingga akhir 2021 bisa mencapai 2 juta ton bila stok beras tersebut tidak digunakan.

Apalagi, lanjut dia, akan ada penyerapan tambahan beras lagi dari hasil panen petani di sisa tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.