BNI Proyeksi Penyaluran Kredit Terus Tumbuh Pada Kuartal II 2021

Kompas.com - 26/04/2021, 20:00 WIB
Kantor BNI KCU Margonda Depok, Jawa Barat KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoKantor BNI KCU Margonda Depok, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat realisasi penyaluran kredit sepanjang kuartal I-2021 sebesar Rp Rp 559,3 triliun, atau tumbuh secara year on year (yoy).

"Jauh lebih baik dibandingkan rata-rata industri," ujar Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini, dalam konferensi pers, Senin (26/4/2021).

Lebih lanjut Novita memproyeksikan, pertumbuhan positif penyaluran kredit akan kembali terjadi pada kuartal II-2021.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

 

Berdasarkan catatan historis perseroan, permintaan kredit akan sempat mengalami perlambatan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

"Namun kami melihat nanti di bulan-bulan berikutnya setelah Idul Fitri maka tren itu akan kembali naik. Dengan kondisi ini kami memproyeksikan pertumbuhan kredit di kuartal II akan sedikit lebih baik dibandingkan kuartal I-2021," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada periode Januari hingga Maret 2021, permintaan kredit dari berbagai sektor usaha terlihat sudah mulai mengalami pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Manufaktur menjadi sektor utama penerima kredit BNI dengan porsi 33 persen, disusul sektor informasi dan telekomunikasi dengan 13,6 persen, dan sektor real estate sebesar 12 persen.

Baca juga: Gubernur BI: Alhamdulillah, Suku Bunga Dasar Kredit Sekarang Sudah Single Digit...

Novita meyakini, permintaan kredit dari sektor-sektor usaha tersebut dan sektor potensial lainnya akan mengalami peningkatan pada kuartal II tahun ini.

"Di sektor kesehatan, sektor energi terbarukan, mulai menunjukan permintaan kredit di kuartal II-2021," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X