[KURASI KOMPASIANA] Cara Mencari Solusi dari Kegagalan agar Sukses

Kompas.com - 28/04/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPASIANA---Tidak mudah menerima kegagalan sebagai kegagalan. Kita lebih suka berdalih daripada mengakui itu, bukan?

Akan tetapi bagi orang-orang yang menikmati suatu proses, tentu saja, mengerti bahwa semua orang yang pernah dilakukan pasti menemui kegagalan --tanpa kecuali.

Orang-orang yang kini kita lihat kesuksesannya pasti pernah mengalami kegagalan.

Sama seperti orang yang saat ini sedang mengalami kegagalan: bisa jadi kesuksesan tengah menunggu di masa mendatang, walau tidak tahu kapan.

1. Seberapa pun Pernah Gagal, Itulah Solusi bagi Keberhasilan

Gagal dalam mencapai sesuatu hal, dalam hal pekerjaan misalnya, menurut Kompasianer Sigit Eka Pribadi, sebenarnya adalah hal yang logis dan wajar.

Buah dari kegagalan inilah yang sejatinya akan jadi peringatan bagi kita untuk memulai langkah selanjutnya agar tidak jatuh ke dalam lubang kegagalan yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kegagalan itu harus jadi pelajaran hidup, sebab kenapanya gagal harus berubah jadi solusi untuk menebus kegagalan tersebut, selalu belajar, dan wawas dari setiap prosesnya," lanjutnya.

Namun, dari beragam kegagalan yang pernah diterima, adakah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tidak terlalu lama terpuruk?

"Merekondisi diri adalah proses instrospeksi diri dan proses membangkitkan kemauan diri dalam rangka mencari sebab kenapanya dan menebusnya dengan solusi," tulis Kompasianer Sigit Eka Pribadi. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.