Kompas.com - 03/06/2021, 12:27 WIB
Potret Menara Petronas diambil dari depan Suria Kuala Lumpur City Centre KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPotret Menara Petronas diambil dari depan Suria Kuala Lumpur City Centre

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi Malaysia lesu bahkan mencatat kontraksi 5,6 persen pada tahun 2020.

Meski diperkirakan membaik tahun ini, Malaysia tengah menghadapi varian baru penularan virus Covid-19 yang mulai kembali menyebar.

Keterpurukan ekonomi nampaknya tak terasa oleh para orang kaya di Malaysia. Forbes mencatat, indeks saham di Negeri Jiran itu naik 2,5 persen sejak kekayaan terakhir orang-orang tajir Malaysia diukur Forbes 15 bulan lalu.

Baca juga: Daftar 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Usia di Bawah 30 Tahun

Tak pelak, kekayaan kolektif para taipan naik 14 persen menjadi hampir 90 miliar dollar atau Rp 1.287 triliun (kurs Rp 14.300 per dollar AS) tahun ini. Harta 50 orang paling kaya tersebut melonjak dari sebelumnya di kisaran 79 miliar dollar AS setahun lalu.

Keberuntungan para orang kaya sedikit banyak bisa dikaitkan oleh posisi dominan Malaysia sebagai negara produsen sarung tangan medis ke dunia saat pandemi.

Permintaan global akan sarung tangan medis yang meningkat membuat ekspor sarung tangan karet Malaysia tembus berlipat ganda. Efeknya, "bos-bos besar" dari beragam industri terbesar bangsa mampu meningkatkan kekayaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Forbes, Kamis (3/6/2021), lima di antaranya termasuk dalam list 50 orang terkaya di Malaysia.

Sebanyak dua di antaranya yang masuk dalam 10 besar adalah Kuan Kam Hon dari Hartalega Holdings masuk di peringkat ke-7 dengan nilai kekayaan 3,8 miliar dollar AS. Kemudian pada posisi delapan ada Lim Wee Chai dari Top Glove dengan total kekayaan 3,5 miliar dollar AS.

Siapa saja yang masuk daftar orang terkaya?

Posisi pertama masih diduduki oleh Robert Kuok. Sang patriark, yang memimpin sebuah industri properti dan gurita bisnis komoditas ini memiliki kekayaan 12,2 miliar dollar AS atau Rp 174 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.