Apa Alasan Erick Thohir Tunjuk Doni Monardo Jadi Komut Inalum?

Kompas.com - 12/06/2021, 14:30 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Dokumentasi BNPBKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mendapuk Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo sebagai Komisaris Utama di PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum (Persero).

Doni sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Dengan latar belakang Doni yang merupakan mantan prajurit TNI dan berpengalaman menangani bencana di Indonesia sebagai Kepala BNPB, apa hubungannya dengan Inalum sebagai perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan?

Baca juga: Erick Thohir Resmi Angkat Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum

Menurut Erick bilang peran Doni sangat lah penting di holding BUMN industri pertambangan

"Peran Pak Doni sangat penting. Terlebih, pengalaman, kemampuan, jaringan, dan prestasi beliau tidak diragukan lagi,” ujar mantan bos Inter Milan itu pada Kamis (11/6/2021) lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erick menilai sepak terjang kepemimpinan Doni akan bermanfaat bagi Inalum. Apalagi, pensiunan jenderal TNI berpengalaman dalam menanggulangi permasalahan lingkungan.

"Kepedulian dan kiprahnya di bidang pemulihan lingkungan hidup menjadikannya figur yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara upaya pemberdayaan dan menjaga keberlanjutan lingkungan yang dilakukan Inalum serta anak-anak perusahaannya,” kata Erick.

Belum lagi, pendiri Mahaka Media itu menganggap Doni dalam memimpin selalu mengedepankan dialog dan kolaborasi antar lintas stake holder.

Modal tersebut dianggap penting dalam mengawasi Inalum sebagai holding BUMN industri pertambangan dengan anggota PT Freeport Indonesia, PT ANTAM Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT Timah Tbk. dan saham minoritas di PT Vale Indonesia Tbk.

"Inalum mengelola aset vital negara di bidang pertambangan yang memiliki rencana besar di bidang kinerja dan aksi korporasi, dengan mementingkan keharmonisan dengan lintas stakeholder, serta pemberdayaan dan perlindungan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Baca juga: Mengintip Kekayaan Eks Danjen Kopassus dan Kepala BNPB Doni Monardo

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X