[TREN EKONOMI KOMPASIANA] Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting?

Kompas.com - 28/06/2021, 10:07 WIB
ilustrasi kondisi keuangan sedang kacau Shutterstockilustrasi kondisi keuangan sedang kacau

KOMPASIANA---Pendidikan tentang keuangan itu penting, apalagi bagi mereka yang kini bekerja dari rumah (WFH) maupun baru awal-awal menerima gaji.

Pandemi belum usai, tapi kebutuhan cenderung lebih banyak dari biasanya.

Mengelola keuangan memang tidak mudah, seperti ada orang yang bisa mendapat penghasilan tinggi tapi ketika dipecat kebingungan membayar cicilan yang belum terlunasi.

Atau, contoh paling umum itu tahu cara bekerja keras agar pemasukan meningkat, tapi hanya sedikit yang mampu mengatur keuangannya agar tidak terseret gaya hidup berlebihan.

1. Mengapa Kemampuan Mengatur Keuangan Itu Penting?

Sekitar 10 tahun yang lalu Kompasianer Andesna Nanda sempat tidak menyadari bahwa gaya hidupnnya saat itu membawanya pada embaran-lembaran kertas berisi tagihan kartu kredit.

Ketika menuliskan semua biaya-biaya, Kompasianer Andesna Nanda menemukan ternyata dari tagihan tersebut bisa dilihat mana yang sangat penting sampai biaya yang sangat tidak penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengalaman tersebut telah membawanya apa pun tujuan keuangan kita, penting untuk benar-benar mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan secara spesifik dan terukur.

"Perencanaan keuangan adalah kemampuan kita mendefinisikan kebutuhan dan keinginan kita dan kemudian kita mampu mengatur kebutuhan dan keinginan," tulis Kompasianer Andesna. (Baca selengkapnya)

2. Mengenal Kebijakan Taper dan Dampaknya pada Ekonomi Kita

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.