Syarat Terbang dengan Lion Air Grup, Penumpang Diminta Unduh Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.com - 12/08/2021, 05:21 WIB
Lion Air Dokumentasi Lion Air GroupLion Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group menetapkan persyaratan terbaru untuk penerbangan domestik periode 12-16 Agustus 2021 seiring dengan diperpanjangnya pelaksanaan PPKM.

Ketentuan ini berlaku pada maskapai Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID).

Salah satu ketentuan baru bagi calon penumpang Lion Air Grup ialah, mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Terbang Naik Citilink Bisa Gratis Tes PCR atau Antigen, Ini Caranya

Hal tersebut dilakukan agar persyaratan perjalanan lainnya, yakni sertifikat vaksin dan hasil negatif tes Covid-19 dapat terintegrasi dan diakses dalam satu aplikasi.

“Dengan aplikasi PeduliLindungi sehingga proses pengisian e-HAC yang selama ini sudah berjalan tidak akan berlaku lagi (beralih ke aplikasi Pedulilindungi),” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Rabu (11/8/2021).

Dengan adanya kewajiban penggunaan aplikasi Pedulilindungi, Lion Air Grup meminta calon penumpang untuk melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hasil tes akan masuk dalam data dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” kata Danang.

Lion Air Group menyebut penggunaan aplikasi PeduliLindungi bakal mempermudah proses verifikasi sekaligus menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Bersiap Terbang Perdana, Maskapai Baru Super Air Jet Akan Buka 6 Rute

Selain penggunaan aplikasi tersebut, ketentuan baru dari Lion Air Group ialah, diperbolehkannya penggunaan hasil rapid test antigen sebagai persyaratan penerbangan bagi calon penumpang yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19, rute antar bandara di Pulau Jawa dan Bali.

Namun demikian, khusus untuk penerbangan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, calon penumpang wajib menggunakan hasil RT PCR.

“Seluruh pelaksanaan operasional penerbangan Lion Air Group tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan,” ucap Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.