Menurut Faisal Basri, Ini Figur yang Pas Jabat Kepala Badan Pangan

Kompas.com - 30/08/2021, 15:20 WIB
Ekonom Senior Indef, Faisal Basri usai ditemui di Kongkow Bisnis Pas FM, Jakarta, Rabu (20/11/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIEkonom Senior Indef, Faisal Basri usai ditemui di Kongkow Bisnis Pas FM, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Badan Pangan Nasional melalui Perpres Nomor 66 Tahun 2021.

Namun hingga sekarang belum dipastikan susunan lembaganya mulai dari ketua atau kepala, sekretariat utama dan lain-lainnya.

Ekonom Senior INDEF Faisal Basri mengatakan, figur yang cocok untuk menjabat ketua BPN adalah figur yang memiliki darah pangan atau yang sudah memiliki ilmu yang dalam tentang pangan.

Baca juga: Jokowi Bentuk Badan Pangan Nasional, Apa Fungsinya?

"Kalau saya tidak cocok, harus yang sudah memiliki darah pangan yang cocok untuk ketua BPN. Soalnya, kalau tidak, pasti akan memiliki waktu yang panjang untuk belajar," ujarnya dalam diskusi publik Menanti Taji Badan Pangan Nasional yang disiarkan secara virtual, Senin (30/9/2021).

Kemudian, lanjut Faisal, sosok yang cocok untuk mengemban tugas ini adalah sosok yang memiliki pengalaman praktik sebagai perumus kebijakan serta memiliki wawasan yang luas.

"Sosok itu tidak jauh-jauh dari kita yaitu Profesor Arif Satria," ungkap Faisal.

Menurutnya, Arif Satria yang saat ini menjabat sebagai Rektor IPB sudah memiliki banyak pengalaman serta ilmu di bidang pangan.

Selain itu Faisal juga mengatakan, dalam kelembagaan BPN nanti, sebaiknya harus memiliki pengalaman menjabat di Bulog. "Semisal mantan kepala pimpinan di Bulog dulu yang bagus-bagus bisa dimasukan ke dalam dewan atau lembaga itu," kata Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.