Otsuka Resmikan Bank Sampah Sehati, Warga Bisa Tukar Sampah Jadi Sembako

Kompas.com - 13/10/2021, 16:42 WIB
Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka Roy Sparringa peresmian Bank Sampah secara virtual, Rabu (13/10/2021). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANAPresiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka Roy Sparringa peresmian Bank Sampah secara virtual, Rabu (13/10/2021). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Amerta Indah Otsuka meresmikan Bank Sampah Sehati yang merupakan bagian dari Program Otsuka Ecovillage di Desa Kutajaya, Sukabumi.

Otsuka Ecovillage ini merupakan program yang diciptakan untuk mendorong terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah secara mandiri.

Bank Sampah yang diresmikan tersebut menjadi bentuk nyata dukungan Otsuka kepada masyarakat setempat untuk mempermudah pengelolaan sampah Non Organik.

Baca juga: Hampir 50 Persen Sampah di Jawa Barat dan Jawa Tengah Berasal dari Makanan

Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka Roy Sparringa mengklaim, program Otsuka Ecovillage tersebut sebagai program yang komprehensif, terstruktur dan berkesinambungan.

Dengan dukungan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sukabumi, Otsuka Ecovillage diawali dengan edukasi terhadap masyarakat.

“Kami menyadari bahwa masih banyak yang bisa dilakukan untuk keberlangsungan lingkungan hidup. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dengan meluncurkan Otsuka Ecovillage yang bukan hanya menfasilitasi pengelolaan sampah, tapi dapat menjadi pusat edukasi untuk masyarakat sekitar bagaimana membina dan membentuk kebiasaan baik dalam memilah dan mengelola sampah dengan mandiri," ujarnya pada saat peresmian Bank Sampah secara virtual, Rabu (13/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Roy Sparringa menjelaskan, dengan adanya Bank Sampah ini, seluruh sampah non-organik yang ditampung bisa ditukar dengan sembako.

"Nanti sistemnya masing-masing warga yang mengumpulkan sampah di sini akan memiliki buku tabungan yang kemudian bisa diambil dalam waktu minimal 2 minggu kemudian bisa ditukar dalam bentuk sembako," ungkap dia.

Baca juga: Punya Sampah Plastik? Bisa Ditukar Jadi Merchandise di Mesin ini

Kemudian sampah non-organik tersebut akan dipilah berdasarkan kategori di bank sampah Otsuka Ecovillage agar kemudian dapat didaur ulang.

"Di Otsuka Ecovillage sampah organik akan dikelola dengan teknik lubang biopori sehingga menjadi kompos yang dipakai untuk tanah sekitar," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.