Sri Mulyani Idolakan Sang Bunda, Meski Punya Anak 10 Tapi Mampu Raih PhD

Kompas.com - 25/10/2021, 19:01 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI membahas RUU HKPD, Senin (13/9/2021). Dok. Kementerian KeuanganMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI membahas RUU HKPD, Senin (13/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tak perlu jauh-jauh mencari tokoh idola untuk dirinya. Tokoh idola itu sudah dia dapat di lingkungan keluarga, yakni ibunya sendiri.

Adalah Prof.Dr. Hj. Retno Sriningsih Satmoko yang menjadi idola Menkeu. Sebab, Sang Ibu masih bisa melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar PhD ketika memiliki 10 orang anak.

Sosok tersebut kata Sri Mulyani, jarang dia temui di generasi-generasi kolonial.

Baca juga: Optimistis, Sri Mulyani Pasang Target Ekonomi Indonesia 2021 Capai 4 Persen

"Saya enggak sulit untuk mendapatkan idola di lingkungan keluarga, karena ibu saya a real true role model. Seorang ibu punya anak 10 tapi masih sekolah, meneliti, mengambil PhD program untuk generasi beyond colonial," kata Sri Mulyani dalam webinar Kemenkeu Mengajar, Senin (25/10/2021).

Di sisi lain meski menempuh pendidikan, wanita yang akrab disapa Ani ini mengungkapkan bahwa, ibunya tetap mampu memberikan kehangatan dan perhatian kepada 10 orang anaknya.

Giatnya sang ibu dalam belajar akhirnya menginspirasi Sri Mulyani untuk belajar setinggi mungkin. Pendidikan kata Ani, sudah menjadi makanan sehari-harinya, sejak berkumpul di meja makan waktu kecil dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi saya bisa merasakan waktu beliau bicara tentang muridnya mengenai masalah pendidikan, itu passionnya muncul, kita rasakan di meja makan. Beliau its a true hardwork," ucap Ani.

Baca juga: Tak Ingin RI Jadi Negara Pecundang, Sri Mulyani Andalkan Anak Muda

Lebih lanjut Ani mengakui, dia termasuk orang yang beruntung memiliki orang tua pekerja keras dan peduli pendidikan. Menurutnya, itu adalah sebuah privilage yang tak semua orang miliki.

"Saya bisa mendapat role model yang mungkin enggak semua orang punya keberuntungan seperti saya, yang saya sangat mensyukuri hal itu. Karena kadang-kadang perempuan di masa beliau enggak begitu. Jadi buat saya itu its true model," pungkas Ani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.