Perdana Melantai di BEI, Saham BSML Langsung Auto Reject Atas

Kompas.com - 16/12/2021, 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk (BSML) emiten jasa angkut moda laut baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (16/12/2021). Selang beberapa menit perdagangan harga saham BSML langsung melesat 34 persen di level Rp 157 per saham, dan otomatis masuk Auto Reject Atas (ARA).

BSML melepas sebanyak 370 juga lembar saham atau sebesar 20 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga Rp 117 per lembar saham. Dana yang terkumpul dari penawaran umum ini adalah senilai Rp 43 miliar.

Direktur Utama PT Bintang Samudera Mandiri Lines (BSML), David Desanan Winowood optimistis, IPO akan membawa BSML menjadi perusahaan jasa angkut laut yang dapat diandalkan di Indonesia dengan struktur permodalan yang kuat.

Baca juga: Baru Melantai di BEI, Saham NASI Kena Auto Reject Atas

“IPO membawa BSML ke babak baru dalam industri transportasi laut di Indonesia, dengan struktur permodalan yang kuat yang didukung oleh publik, BSML siap menjadi salah satu moda transportasi laut yang dapat diandalkan di Indonesia,” kata David dalam siaran pers.

PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk telah menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek dan didukung oleh Profesi Penunjang lain antara lain KAP Kanaka Puradiredja Suhartono sebagai Akuntan Publik dan Infiniti & Co sebagai konsultan Hukum.

Kegiatan usaha BSML sebagai perusahaan jasa angkut moda laut meliputi jasa pengangkutan barang khusus seperti barang tambang, barang konstruksi, alat berat, barang-barang pertanian, layanan pelayaran seperti persewaan kapal, jasa floating storage kargo, transhipment, hingga jasa layanan pengurusan dokumen pelayaran dan kapal (agency).

David menjelaskan, saat ini ada begitu banyak peluang dan potensi bisnis yang lebih besar kedepannya pada kegiatan industri BSML sebagai jasa angkutan layanan moda laut di Indonesia. Untuk itu, pihaknya terus berupaya mengembangkan kinerja usaha guna meningkatkan performa perusahaan.

“Sektor-sektor industri di Indonesia menunjukkan pertumbuhan dan potensi bisnis yang positif, dan sebagai perusahaan jasa angkutan laut, BSML akan menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan pengangkutan jasa barang hasil-hasil industri di berbagai pulau di Indonesia. Kedepannya diharapkan, perseroan tetap menjaga kualitas layanan kepada pelanggan, keselamatan pelayaran saat beroperasi, ketepatan waktu serta pelayanan purna jual yang baik,” tutupnya.

Baca juga: Adhi Commuter Properti Bakal IPO, Ini Catatan dari Erick Thohir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.