Pertamina Tingkatkan Pengawasan Distribusi BBM Jelang Tahun Baru 2022

Kompas.com - 29/12/2021, 08:15 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) meningkatkan pengawasan distribusi BBM nasional dengan menggunakan teknologi digital jelang tahun baru.

Dengan begitu, seluruh proses distribusi BBM dapat dipantau secara langsung (realtime) melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU.

“Seluruh stok BBM di setiap wilayah dan SPBU dapat dimonitor dengan akurat, sehingga Pertamina bisa dengan cepat mengirimkan stok BBM jika terjadi lonjakan permintaan,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam siaran pers, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Pemerintah Klaim Kehadiran Industri Smelter Bijih Nikel Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Ia memastikan ketersediaan dan kelancaran pasokan BBM secara nasional jelang tahun baru 2022. Stok BBM nasional jenis gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite dan Premium) berada di atas 20 hari. Sementara stok BBM jenis gasoil (Solar, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) berada di atas 18 hari. Untuk ketahanan stok Avtur mencapai 36 hari.

“Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi BBM mulai dari kilang hingga TBBM dan SPBU yang siaga 24 jam,” ujar Fajriyah melalui siaran pers,

Fajriyah mengungkapkan, menyambut akhir tahun pihaknya telah menyiagakan Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) di seluruh wilayah Indonesia. Persiapan tersebut dilakukan guna mengantisipasi permintaan BBM berpotensi mengalami kenaikan, dari rerata normal sebesar 6 persen untuk gasoline dan gasoil naik sebesar 1,4 persen.

Menyambut tahun baru yang tinggal menghitung hari, Pertamina juga telah menetapkan kebijakan kepada seluruh Perwira Pertamina untuk selalu berada di lokasi dan tidak diperbolehkan melakukan cuti.

Baca juga: Nasabah Bank Mandiri Bisa Transfer Dana Tanpa Menggunakan Nomor Rekening, Berikut Caranya

Sebagai informasi, selama libur tahun baru 2022, Pertamina menyiagakan infrastruktur distribusi energi meliputi 114 TBBM, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan lebih dari 7.400 SPBU.

Pertamina juga menyiagakan layanan khusus selama liburan tahun baru berupa 1.356 SPBU Siaga di jalur reguler, 65 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU dan 37 unit Pertashop atau SPBU modular.

Layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan

“Kami berharap perayaan tahun baru 2022 berjalan lancar dan aman dengan ketersediaan BBM yang mencukupi sesuai kebutuhan masyarakat,” kata Fajriyah.

Baca juga: 3 Kesepakatan yang Buat Serikat Pekerja Pertamina Batal Mogok Kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.