Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Ini 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 14/04/2022, 16:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan FHCI kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN di tahun 2022 ini.

Dilansir dari Kompas.com, sebanyak lebih dari 2.700 lowongan kerja yang dibuka dari 50 perusahaan mulai hari ini, (14/4/2022) hingga penutupan pendaftarannya pada 25 April nanti.


Adapun syarat umum yang dibutuhkan adalah:
1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:
Diploma I/II/III: 27 tahun.
S1/Diploma IV: 30 tahun.
S2: 35 tahun.
3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.
4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
6. Dokumen SKCK dari Kepolisian.
7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
8. Rekomendasi komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.


Apabila kamu memiliki impian untuk bekerja di salah satu perusahaan BUMN, kesempatan ini tentu tidak boleh dilewatkan.

Dalam rekrutmen tahun ini, ada beberapa jurusan yang paling banyak dicari, apa saja itu?

Baca juga: Lebih dari 50 BUMN Ikut Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Simak Daftarnya

1. Ekonomi dan Bisnis
Di semua aspek industri pasti memerlukan karyawan untuk mengelola keuangan perusahaan. Oleh karena itu, jurusan-jurusan dalam rumpun ekonomi dan bisnis paling banyak dicari dalam rekrutmen bersama BUMN tahun ini. Salah satunya adalah PT Industri Kereta Api yang membutuhkan staf untuk bagian Pengendalian Keuangan, PT Kimia Farma yang mencari Pelaksana Akuntansi, dan PT Pos Indonesia untuk posisi Junior Analyst.


Beberapa syarat di antaranya adalah bisa menyusun dan menganalisa laporan keuangan, serta mampu melakukan verifikasi dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan.
Tak hanya jurusan akuntansi, beberapa perusahaan BUMN juga membutuhkan staf yang berasal dari jurusan manajemen. Seperti untuk posisi Pemasaran maupun Manajemen Risiko.


2. Teknik Informatika
Perkembangan teknologi yang semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, membuat orang-orang yang berasal dari jurusan Teknik Informatika selalu dibutuhkan banyak perusahaan, termasuk BUMN. Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website dan aplikasi perusahaan.


Beberapa BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang IT ini di antaranya, PT Jasa Marga yang membuka lowongan untuk Assistant IT Network Administrator dan Assistant IT System Administrator. Ada juga lowongan Staf Pelaksana di Perum Bulog dengan syarat dapat menguasai pengolahan basis data dan Bahasa pemrograman.


3. Hukum
Setiap perusahaan BUMN tentunya mengerti hak dan kewajibannya yang sejalan dengan hukum. Maka dari itu, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk mengatur segala dokumen dan peraturan perusahaan. Beberapa perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja untuk jurusan ini adalah PT Jasa Marga untuk posisi Assistant Legal. Dengan syarat, memiliki pengalaman di law firm atau finance institution minimal 3 tahun. Serta, menguasai bidang hukum korporasi dan pasar modal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.