Catat, Akan Ada Kepadatan Lalin di Jalan Tol Ini pada H-3 Lebaran

Kompas.com - 26/04/2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad memprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Tangerang, Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, dan Ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo saat puncak arus mudik Lebaran 2022 pada H-3 Lebaran atau 29 April mendatang.

Sementara, peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik terjadi pada H+5 Lebaran atau tanggal 8 Mei 2022.

Pgs. General Manager Representative Office 2, Citra Maharani mengatakan, lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan di antaranya di Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit di Simpang Susun (SS) Cawang arah Timur, GT Tomang, dan GT Halim, serta pada Ruas Tol Prof. Dr. Ir Soedijatmo potensi kepadatan akan terjadi di GT Cengkareng dan GT Kapuk.

"Sementara itu, pada Ruas Tol Jakarta-Tangerang titik kepadatan diantaranya adalah dampak kepadatan GT Cikupa arah Merak, dampak kepadatan di GT Tomang dan akses masuk serta akses keluar Rest Area," ujar Citra dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Jasamarga Catat 230.396 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalui Bandara Soekarno Hatta

Dia menambahkan, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai penyedia jasa layanan operasional tol.

Misalnya dengan menempatan rambu VMS dan Prisma, VMS Mobile, dan rekayasa lalu lintas secara situasional pada lokasi SS Tomang, SS Cawang arah Cikampek, SS Kembangan, dan Akses keluar serta akses masuk Rest Area apabila terjadi kepadatan pada situasi tertentu.

Baca juga: Ini Lajur yang Bisa Dilintasi Bagi Plat Ganjil Genap Tol Japek

Bantuan tapping

Pihaknya menyiapkan layanan operasional di ruas-ruas tol tersebut untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

Salah satunya dengan menyiapkan peningkatan layanan transaksi dengan memastikan pengoperasian gardu dan keberfungsian peralatan tol 100 persen.

Kemudian, pengoperasian gardu Oblique Approach Booth (OAB), menyiagakan personil tambahan untuk membantu pemudik melakukan tapping, dan menyiapkan mobile reader untuk antisipasi kepadatan di Gerbang Tol (GT).

Baca juga: Catat Tarif Tol Jakarta-Solo dan Jakarta-Semarang pada Mudik Lebaran 2022

Pengisian e-Toll

"Untuk menghadapi peningkatan volume lalin tersebut, Jasa Marga juga telah siapkan peningkatan layanan transaksi," kata dia.

Selain itu, pemudik dapat menggunakan fasilitas pengisian e-Toll di Kantor GT Kapuk, Akses Pluit, Rest Area KM 13+500 arah Tangerang, dan kilometer 14+000 arah Jakarta serta penyediaan kartu perdana e-Toll di beberapa GT yaitu di GT Tomang, GT Halim, GT Cililitan, GT Senayan, GT Kapuk, dan GT Cengkareng.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.