Simak Biaya Mudik Pakai Tol dari Jakarta ke Semarang

Kompas.com - 27/04/2022, 11:50 WIB

KOMPAS.com - Berstatus sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Semarang adalah daerah tujuan mudik yang cukup banyak, termasuk sebagai transit untuk pemudik yang pulang kampung ke daerah lain di Jawa Tengah.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada 29-30 April 2022. Lalu, puncak arus balik diperkirakan pada 8 Mei 2022.

Hasil survei Balitbanghub menunjukkan daerah asal pemudik terbanyak ialah Jawa Timur (14,6 juta orang), Jabodetabek (14,3 juta orang) dan Jawa Tengah (12,1 juta orang). Adapun daerah tujuan pemudik terbanyak adalah Jawa Tengah (23,5 juta orang), Jawa Timur (16,8 juta orang), dan Jawa Barat 14,7 juta (orang).

Untuk perjalanan darat dari Ibu Kota Jakarta ke Semarang rute tercepat adalah melalui jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol dengan rute Jakarta-Semarang termasuk jalur yang selama ini biasa dilalui oleh para pemudik.

Baca juga: 8 Jenis Kartu ATM BCA: Biaya Admin, Limit, dan Fitur Pembedanya

Bagi para pemudik tujuan Semarang dan sekitarnya, tentunya wajib mengetahui tarif Tol Jakarta Semarag 2022 pada arus mudik Lebaran tahun ini (biaya tol Jakarta Semarang).

Tarif tol Jakarta Semarang terbaru berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR adalah Rp 377.500 untuk kendaraan golongan I yang meliputi mobil, sedan, pickup, jip, bus, dan truk kecil.

Berikut rincian lengkap tarif tol Jakarta Semarang 2022 berdasarkan per ruas tolnya:

  • Jakarta-Cikampek Rp 20.000
  • Cikampek-Palimanan Rp 119.000
  • Palimanan-Kanci Rp 12.500
  • Kanci-Pejagan Rp 29.500
  • Pejagan-Pemalang Rp 60.000
  • Pemalang-Batang Rp 45.000
  • Batang-Semarang Rp 86.000
  • Semarang Seksi A,B,C Rp 5.500

Baca juga: 4 Cara Mudah Menemukan ATM BCA Terdekat dari HP

Tarif tersebut berlaku apabila pengendara mobil melakukan perjalanan seluruhnya di jalan tol tanpa nonstop atau tanpa sekalipun keluar dari tol dari Jakarta ke Semarang.

Untuk gerbang tol di Kota Semarang sendiri terbagi berdasarkan seksinya yakni Seksi A meliputi Jatingaleh, Krapyak, Srondol, dan Manyaran.

Lalu Seksi B meliputi Jatingaleh, Jangli, dan Tembalang, kemudian Seksi C meliputi Jangli, Gayamsari, Muktiharjo, dan Kaligawe.

Tarif tol Jakarta Semarang itu berlaku dari mulai pengendara mobil masuk mulai dari dari Intercange Jakarta (IC Jakarta/Simpang Susun Cawang) dan keluar di gerbang tol Seksi A, B, dan C di Semarang. 

Baca juga: Kode Bank BCA untuk Transfer lewat ATM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.