Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Berakhir Hijau, Saham Nvidia, Zoom, hingga Tesla "Terbang"

Kompas.com - 03/06/2022, 06:32 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street menguat pada penutupan Kamis (2/6/2022) waktu setempat. Kenaikan di hari Kamis memangkas kerugian yang terjadi dalam dua hari berturut–turut.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) bertambah 435,05 poin, atau 1,3 persen dan ditutup pada level 33.248,28. S&P 500 juga naik menjadi 1,8 persen menjadi 4.176,82, dan Nasdaq Composite juga berada pada level 12.316,90 atau menguat 2,7 persen.

"Sentimen bearish sepertinya berlebihan, karena masih ada rilis kinerja kuartalan, yang akhirnya mendorong pergerakan saham lebih tinggi pada musim panas ini karena aktivitas ekonomi yang moderat," kata Edward Moya, analis senior OANDA, mengutip CNBC.

Baca juga: Pergerakan Saham Bergejolak, Wall Street Berakhir Merah

Namun, menurut Barry Bannister, kepala strategi ekuitas Stifel saat ini pasar tengah wait and see berkaitan dengan aksi The Fed yang menaikkan suku bunga, dan dampaknya pada inflasi.

“Pasar sedang menunggu untuk mengetahui apakah inflasi akan turun dan memberi kita jeda dari rejimen kenaikan suku bunga Fed, dan ini adalah periode ketidakpastian yang besar," kata Barry Bannister.

Baca juga: Wall Street Terkapar Sehari Setelah Pengumuman Suku Bunga The Fed, Saham–saham Teknologi Rontok

Wakil Ketua Fed Lael Brainard pada hari Kamis mengatakan tidak mungkin bank sentral akan mengambil “jeda” dari siklus kenaikan suku bunga saat ini dalam waktu dekat. Hal ini lantaran The Fed harus mengejar target inflasi hingga 2 persen.

"Saat ini, sangat sulit untuk melihat penyebab jeda. Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menurunkan inflasi ke target 2 persen,” kata Brainard.

Baca juga: Wall Street Berakhir Hijau, Saham Meta Platforms, Alphabet hingga Tesla Terbang

Saham Nvidia melonjak 6,9 persen, Zoom juga melesat sekitar 4,3 persen, dan Tesla menguat hampir 4,7 persen.

Saham Meta Platforms juga naik 5,4 persen, sehari setelah Sheryl Sandberg mengumumkan rencana pengundurkan diri dari jabatannya sebagai chief operating officer.

Sementara itu, saham Microsoft naik tipis 0,8 persen.

Saham Chewy melonjak sekitar 24 persen setelah perusahaan melaporkan hasil kuartalan yang kuat. Sementara itu, Hewlett Packard Enterprise turun 5,2 persen setelah pengumuman laporan pendapatan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com