Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Pelaku UMKM Penderita Penyakit Tiroid, Sandiaga Uno: Sangat Menginspirasi, Saya Beri Kenang-kenangan

Kompas.com - 05/08/2022, 16:45 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi pelaku UMKM di Taman Sari, Aceh yang merupakan peserta dari Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Aceh 2022.

Dalam kesempatan itu, dia bertemu dengan Syaiful Anwar (41) seorang pelaku UMKM madu yang menamakan produknya mirip dengan nama Sandiaga Uno yaitu Madu Bang Unoe.

"Terima kasih Mas Saiful sudah memakai nama Unoe," ujar Sandiaga Uno saat bertemu Syaiful di Taman Sari, Banda Aceh dalam siaran pers Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku UMKM Aceh Berinovasi untuk Nilai Tambah Produk

Syaiful menjelaskan, arti unoe dalam bahasa Aceh artinya madu. Dia juga menceritakan pada Sandiaga kondisinya yang terkena penyakit tiroid, ia memutuskan berhenti bekerja dan membangun usaha madu sejak 2018.

Mendengar hal itu, Sandiaga memberikan bantuan kepada Syaiful sebuah mesin cup sealer. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mendukung Syaiful untuk mengembangkan produk madunya menjadi minuman madu.

"Karena sangat menginspirasi, saya akan memberikan kenang-kenangan. Ini mesin giling semoga akan memotivasi sehingga madu tadi bisa menjadi minuman yang langsung di konsumsi," kata Sandiaga.

Baca juga: Ini 3 Kunci untuk Membangkitkan Ekonomi Indonesia Versi Sandiaga Uno

Syaiful terharu dengan hadiah yang diberikan Sandiaga. Ia berterima kasih dan sangat senang karena salah satu mimpinya bertemu Sandiaga terwujud.

"Tahun lalu saya pernah DM Pak Sandi di Instagram, karena sebelum jadi menteri Pak Sandi itu pengusaha yang menginspirasi saya karena menurut saya beliau mempunyai akhlak yang baik sebagai seorang pengusaha," ujar Syaiful.

Syaiful mengaku semakin bersemangat mengembangkan usahanya. Selanjutnya, ia berencana akan mengembangkan Unoe Mobile Drink dengan hadiah dari Sandiaga Uno.

"Selama ini saya masih menjual madu murni, ke depannya saya ingin membuat semacam uno mobile drink, jadi minuman kekinian yang berbahan dasar madu," tandas Syaiful.

Baca juga: Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Mogok Beroperasi, Sandiaga: Kita Duduk Bersama Cari Solusi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com