Phising Jadi Salah Satu Modus Penipuan, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Kompas.com - 11/08/2022, 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Phising adalah salah satu modus kejahatan yang kerap terjadi pada nasabah bank. Biasanya para pelaku kejahatan phising melakukan aksinya di malam hari.

Dikutip dari buku Phising Cara Mudah Menyadap Password dan Pencegahannya oleh Efvy Zam, asal kata phising adalah fishing yang berarti memancing.

Dengan demikian, pengertian phising adalah kegiatan untuk memancing atau mendapatkan informasi seperti username, kata sandi, email, dan informasi pribadi lainnya dari pihak lain.

Lantas, kenapa pelaku kejahatan phising melancarkan aksinya di malam hari?

Baca juga: Simak 7 Cara Aman untuk Mengindari Penipuan Berkedok Investasi

Dikutip dari siaran pers OCBC NISP, malam hari merupakan waktu yang rentan bagi korban phising karena pada waktu tersebut korban sudah lelah beraktivitas sehingga sudah tidak fokus, lelah, mengantuk, dan ingin segera istirahat.

Lantaran kondisi korban di malam hari sedang tidak prima, maka pelaku kejahatan yang mengatasnamakan bank biasanya memanfaatkan hal ini untuk menipu nasabah bank.

Adapun modus-mudus yang digunakan beragam dan phising adalah salah satu modusnya. Phising dapat dilakukan melalui call center bank palsu, email palsu, akun media sosial palsu, website palsu, hingga WhatsApp palsu.

Satu hal yang pasti dari modus kejahatan phising adalah pelaku menipu korban dengan cara berpura-pura menjadi suatu lembaga resmi seperti bank.

Misalnya, pelaku akan menelepon nomor ponsel korban di malam hari dengan mengaku sebagai pihak bank dan meminta korban untuk membeberkan informasi pribadinya atau meminta korban untuk melakukan transaksi tertentu.

Umumnya, pelaku phising akan memainkan emosional korban dengan mengatakan "Mohon jangan memberikan informasi apapun ke saya atau ke bank, silahkan bapak/ibu masuk ke dalam link dan melakukan pemblokiran/pembatalan secara mandiri."

Baca juga: Waspada Penipuan Bermodus Soceng, Ini Cara Menghindarinya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.