November Layani Penerbangan Umrah, Ini Persiapan Bandara Kertajati

Kompas.com - 26/09/2022, 07:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, bakal mulai melayani penerbangan umrah pada November 2022 yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air.

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Kertajati memastikan kesiapan seluruh fasilitas bandara baik di sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside) untuk kelancaran perjalanan ibadah umrah para jemaah.

“Pada 22 September 2022, AP II dan stakeholder melakukan asesmen terhadap seluruh aspek, yakni operasi, pelayanan dan keselamatan serta terhadap seluruh fasilitas yang ada. Hasil asesmen adalah seluruh aspek dan fasilitas di Bandara Kertajati dipastikan siap melayani maskapai dan para jemaah umrah yang akan melakukan perjalanan ke Tanah Suci,” ujar VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika dalam siaran pers Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Kemenhub Klaim Jumlah Kargo di Bandara Kertajati Terus Meningkat

Akbar menyebutkan, Bandara Kertajati menjadi pionir dalam menghadirkan layanan kelas dunia bagi jemaah umrah.

"Bandara Kertajati dapat menyiapkan fasilitas lengkap bagi jemaah umrah dengan area yang lebih luas dan layanan terbaik, sehingga dapat menghadirkan kenyamanan bagi jemaah umrah dan juga keluarga," sebutnya.

Sisi udara

Plt. Executive General Manager Bandara Kertajati Yudha Nugraha menuturkan, Bandara Kertajati mempunyai runway berdimensi 3.000 x 60 meter yang dapat melayani penerbangan pesawat berbadan sedang (widebody) seperti Boeing 737 dan Airbus A320, hingga pesawat berbadan lebar (widebody) seperti Boeing 777 dan Airbus 330.

“Kondisi runway sangat prima, siap melayani penerbangan umrah yang menggunakan pesawat widebody untuk penerbangan langsung Bandara Kertajati menuju Jeddah dan sebaliknya," katanya.

Sementara dari sisi udara lanjut dia, didukung 22 tempat parkir pesawat (parking stand), serta 5 parallel taxiway, 2 cross taxiway dan 2 gate taxiway. Setiap jamnya, Bandara Kertajati dapat melayani 16 pergerakan penerbangan.

Di sisi udara juga dipastikan kesiapan stakeholder dalam memberikan layanan kepada maskapai, antara lain Pertamina dan 3 operator ground handling.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.