Pengelola: Dalam Masa Uji Coba Terbatas TMII Ini Masih Jauh dari Sempurna...

Kompas.com - 25/11/2022, 20:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC), membuka pintu kedatangan destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk kunjungan wisatawan umum pasca revitalisasi, pada 20 November 2022.

Edy Setijono Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) mengatakan, dalam masa uji coba terbatas ini, diberlakukan kuota kunjungan dalam rangka penerapan visitor management wajah baru TMII. Antusiasme masyarakat terhadap uji coba terbatas destinasi wisata TMII sangat tinggi.

Hal ini terpantau dari data pembelian tiket secara online yang masuk sejak hari pertama diterapkannya uji coba terbatas TMII, sampai dengan hari ini menunjukkan angka yang baik. Terhadap hal ini, PT TWC mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam proses uji coba terbatas tersebut.

Baca juga: Renovasi TMII Rampung Jelang G20, Begini Penampakan Baru Taman Mini

“Dalam masa uji coba terbatas TMII ini masih jauh dari sempurna, dan menyebabkan ketidaknyamanan wisatawan. PT TWC membuka ruang seluas mungkin untuk mendengar dan menerima segala masukan dari masyarakat, demi perbaikan kualitas pengelolaan destinasi TMII. Dalam hal ini, PT TWC akan terus berbenah dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi wisatawan,” kata Edy di TMII, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN II Kementerian BUMN mengungkapkan, dalam proses berbenah TMII, Kementerian BUMN melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian lain dan para stakeholder.

Ini dilakukan untuk peningkatan kualitas destinasi. Kolaborasi dilakukan dengan BNI, BRI, Bank Mandiri, INKA dan TELKOM untuk mendukung pengembangan destinasi TMII dibidang Art & Cultural, Flagship Archipelago, Electric Vehicle Transportation dan Open Air Stage.

“Pembenahan dilakukan dalam berbagai lini, seperti perbaikan sistem online ticketing, penambahan jumlah Electric Vehicle, pembenahan fasilitas lain. Besar harapan, wisatawan akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke destinasi wisata TMII, sebelum kedatangan, saat kedatangan dan setelah meninggalkan TMII,” kata Tiko.

Tiko mengungkapkan, Kementerian BUMN secara serempak melakukan sosialisasi melalui media sosial, utamanya mengenai 4 pilar konsep TMII. Sehingga masyarakat akan teredukasi dengan baik sebelum melakukan kunjungan ke TMII, dan memahami do and dont's yang harus diperhatikan saat berwisata ke TMII.

Baca juga: Konsep TMII 70 Persen Area Hijau, Kementerian PUPR: Bangunan Tak Diperlukan Kami Bongkar

“Sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan public awareness serta engagement masyarakat terhadap TMII,” lanjut Tiko.

Sebagai informasi, revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dimulai sejak bulan Januari 2022 sudah selesai dilaksanakan. Ini merupakan wujud sinergi kerjasama yang baik antar stakeholder, yaitu Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian BUMN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.