Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fintech Amartha Salurkan Total Modal Usaha Senilai Rp 10 Triliun

Kompas.com - 09/01/2023, 18:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech lending PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) secara kumulatif telah menyalurkan modal usaha senilai lebih dari Rp 10 triliun hingga 31 Desember 2022.

Founder and CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra menyampaikan, modal usaha disalurkan kepada lebih dari 1,4 juta pelaku usaha ultra mikro yang tersebar di seluruh wilayah operasional Amartha.

"Dengan jumlah penyaluran ini, Amartha juga berhasil mempertahankan kualitas pinjaman dengan perolehan NPL (non performing loan) yang stabil di bawah 0,5 persen," kata dia dalam siaran pers, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Gandeng eFishery, Amartha Bakal Salurkan Modal Rp 100 Miliar untuk Pembudi Daya Ikan

Ia menjelaskan, pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai stakeholder, mulai dari perbankan hingga kerja sama embedded finance dengan platform teknologi seperti eFishery.

Lebih lanjut, ia menjabarkan, Amartha di tahun 2022 tercatat menyalurkan lebih dari Rp 4,7 triliun.

Angka ini tumbuh 93 persen secara tahunan (yoy) atau hampir 2 kali lipat dari periode sebelumnya sebesar Rp 2,4 triliun.

Adapun, penyaluran modal ini didominasi oleh dukungan pendanaan dari 24 mitra perbankan dengan total penyaluran sekitar Rp 3 triliun atau 60 persen lebih dari total sumber dana.

Baca juga: Amartha Salurkan Pendanaan Rp 3 Triliun hingga Kuartal III-2022

Lebih lanjut, Andi melihat ada potensi di tengah isu resesi dan pelemahan ekonomi global di tahun 2023 untuk turut menopang ekonomi akar rumput dan mempercepat pemulihan pasca pandemi.

Tantangan ekonomi makro mungkin memberi dampak yang cukup signifikan bagi berbagai sektor usaha skala besar. Namun, sektor UMKM justru memiliki resiliensi yang kuat di tengah tantangan ekonomi global.

"Pangsa pasar UMKM umumnya berskala lokal, sehingga performanya bisa lebih stabil. Ini pula yang membuat mitra perbankan yakin untuk mendiversifikasikan portofolionya ke sektor UMKM lewat Amartha," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com