Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Emas Jadi Instrumen Investasi Paling Aman, Apa Benar?

Kompas.com - 07/02/2023, 12:37 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Kini, investasi semakin digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil survei Jakpat, 48 persen responden memilih emas dan perhiasan sebagai instrumen investasinya.

Hal ini membuat emas menjadi instrumen investasi favorit masyarakat Indonesia.

Meski begitu, ada pula beberapa orang yang masih terjebak ke dalam cara investasi yang salah. Itu sebabnya, Metta Anggriani, Certified Financial Planner, dalam siniar CUAN bertajuk “Tips CUAN di Investasi Emas” dengan tautan akses bit.ly/CUANEmas, memberikan beberapa kiat berinvestasi emas agar kita mampu meraih keuntungan.

Emas, Instrumen Investasi Paling Aman

Saat tahun lalu ramai diberitakan resesi 2023, banyak yang merekomendasikan emas sebagai instrumen investasi. Ini disebabkan emas merupakan aset yang paling stabil. Bahkan, Metta pun setuju dengan pernyataan ini karena telah ada buktinya.

“Artinya, si emas ini instrumen investasi yang digunakan sebagai hedging; pengaman di segala situasi. Artinya ketika kita bicara ekonomi lagi naik, emas juga ikut naik, tapi ketika ekonomi turun, orang gak ambil risiko. Otomatis emas jadi merajai,” ujarnya.

Baca juga: Caranya Membaca Laporan Keuangan Saham Perusahaan

Menurutnya, nilai emas tak akan menurun meskipun berada di masa sulit sekali pun. Meskipun begitu, keuntungan yang kita dapatkan memang tak sebesar saham. Namun, emas adalah aset yang relatif aman.

Tak hanya bagus untuk pemula, ternyata investor-investor lama juga masih membeli emas. Metta mengatakan, “orang yang sering investasi juga terkadang tetap memegang emas karena bisa menyeimbangkan portofolio investasi kita.”

Investasi Emas: Baik untuk Jangka Pendek atau Panjang?

Menurut Metta, menggunakan emas sebagai instrumen investasi jangka pendek kurang memberikan keuntungan. Pasalnya, ada perbedaan harga beli dan jual dalam suatu periode karena nilai emas naik secara lambat.

Hal ini disebabkan emas adalah aset yang berasal dari bahan tambang. Artinya, ada keterbatasan jumlah dalam produksinya. Jadi, Metta menyarankan untuk menggunakan emas jika ingin berinvestasi untuk jangka menengah hingga panjang.

Dua Bentuk Investasi Emas

Dulu, orang mengenal investasi emas hanya dilakukan secara fisik atau batangan. Kini, terdapat pula investasi emas digital yang bisa dibeli dengan harga Rp5.000. Tentunya, usaha ini semakin merangkul lebih banyak masyarakat.

Jika ingin berinvestasi emas fisik atau batangan, kita wajib dibeli di perusahaan tambang emas terpercaya, seperti Antam atau Prudential. Metta menambahkan, “Gak bisa beli semampu kita tapi sesuai dengan pecahan emas yang dijual. Jadi, kalau mau batangan harus terpaku ke satuan emasnya.”

Baca juga: Tips Bisnis F&B ala Forest Beverage Solutions

Sementara itu, apabila ingin mencoba berinvestasi emas digital, sistemnya adalah menabung. Aktivitas ini layaknya menabung di bank; mengumpulkan uang hingga harganya disetarakan dengan jumlah gram emas pada saat itu.

Ada pun perusahaan yang membuka ini juga harus siap jika pelanggan berhasil membeli emas dan memintanya dalam bentuk fisik.

Selain tiga fakta menarik investasi emas di atas, apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menabung atau investasi emas agar terhindar dari penipuan?

Dengarkan jawaban lengkap Metta dalam siniar CUAN episode “Tips CUAN di Investasi Emas” yang dapat diakses melalui bit.ly/CUANEmas.

Di sana, ada banyak pula informasi seputar keuangan yang bisa menambah literasi finansialmu. Tunggu apalagi? Ikuti siniarnya sekarang juga dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com