Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Air Minum CLEO Gunakan Teknologi 3D Parametrik, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 03/03/2023, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk dengan merek Cleo menggunakan teknologi Cleo New Look 3D Parametrik. Teknologi ini merupakan, teknik kemasan canggih dan desain termutakhir di dunia.

Wakil Direktur Utama Cleo, Melisa Patricia mengatakan, teknologi ini sekaligus merupakan upaya perusahaan dalam mendukung pelabelan Bebas BPA yang merupakan hak bagi para konsumen. Adapun teknologi 3D Parametrik ini juga menggunakan plastik yang bebas dari Bisfenol A.

“Untuk kemasan baru, plastik yang digunakan bebas dari Bisfenol A atau jenis plastik sekali pakai Polietilena Terefatalat yang menjadi favorit industri dunia karena aman bagi kesehatan, serta ramah lingkungan,” kata Melisa dalam siaran pers, Jumat (3/3/2023).

Baca juga: Tahun Depan, Pemerintah Diminta Fokus Tertibkan Truk ODOL AMDK

Melisa memastikan, pengemasan dengan teknologi canggih tersebut juga tetap mengedepankan aspek keamanan bagi konsumen.

Sebagai informasi, Bisfenol A atau kerap disingkat BPA, adalah bahan penguat pada produksi polikarbonat, jenis plastik pada lazimnya produk galon guna ulang yang beredar di masyarakat.

Jika terlepas dari kemasan polikarbonat, BPA bisa memicu gangguan kesehatan yang serius, termasuk kerusakan sistem hormon dan reproduksi dan gangguan pertumbuhan pada janin dan anak. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sedang merancang aturan pelabelan sebagai bentuk edukasi publik akan risiko BPA.

Baca juga: Tiga Perusahaan Air Minum Kemasan Bentuk Asosiasi untuk Dorong Standarisasi AMDK

 


Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas) Eko Susilo, inovasi dari produsen lokal dalam melahirkan produk yang inovatif, aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan melatari tumbuhnya penjualan galon bebas BPA.

Eko menegaskan, Asparminas berkomitmen mendukung regulasi BPOM terkait pelabelan risiko BPA. Dia juga mengatakan, para pelaku usaha AMDK yang bergabung dalam Asparminas sejak awal sepakat untuk mendukung pelabelan risiko BPA pada galon guna ulang, karena pelabelan tersebut justru bermanfaat untuk kelangsungan bisnis air minum kemasan di tanah air.

“Rencana pelabelan BPA itu untuk mendorong pelaku usaha untuk lebih inovatif dan lebih tenang dalam menjalankan usaha air minum. Masyarakat juga diuntungkan karena kesehatan mereka bisa lebih terjaga,” tegas Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com