Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Rombak Direksi IFG, Hexana Jadi Dirut, Mantan Bos BTN Jadi Wadirut

Kompas.com - 22/03/2023, 08:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 21 Maret 2023 menetapkan Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG).

Selain itu, RUPS juga menetapkan Haru Koesmahargyo sebagai Wakil Direktur Utama IFG.

Hal tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan (SK) Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-57/MBU/03/2023 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan.

Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha mengatakan, anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Hexana Tri Sasongko menggantikan Robertus Billitea yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama IFG.

Baca juga: Direktur Utama IFG Holding Diangkat jadi Komisaris BNI

Sementara itu, jabatan Wakil Direktur Utama yang sebelumnya dipegang Hexana Tri Sasongko diisi oleh Haru Koesmahargyo. Haru sendiri baru saja lengser sebagai Dirut Bank BTN.

Oktarina meyebut, kehadiran Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama dan Haru Koesmahargyo sebagai Wakil Direktur Utama akan bersinergi dengan Dewan Komisaris, jajaran Direksi lainnya, dan seluruh insan dan anggota IFG Holding.

Hal itu berguna untuk melanjutkan estafet transformasi holding menjadi salah satu grup keuangan nonperbankan.

Komitmen tersebut mencakup upaya holding dalam mengawasi dan memastikan penugasan dari pemerintah berjalan secara efektif dan efisien, terutama dalam hal penyelesaian migrasi polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Selain itu, holding juga dipercaya mengelola investasi dana pensiun BUMN, penjaminan KUR, dan PEN melalui anak-anak usaha IFG sesuai dengan ketentuan dan Undang-Undang yang berlaku.

"Serta penguatan literasi asuransi di masyarakat," imbuh dia.

Di lain pihak, keduanya juga akan terus melanjutkan transformasi praktik bisnis, seperti penguatan pencadangan, restrukturisasi asuransi kredit, penguatan fokus bisnis, dan penyehatan anak perusahaan dan cucu perusahaan,

Direktur utama dan wakil direktur ini juga memiliki tugas untuk memperkuat sumber daya manusia, tata kelola, dan manajemen risiko bersama holding dan segenap anak perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Robertus Billitea atas arahan dan kepemimpinannya selama ini, teriring harapan agar sukses dalam mengemban amanah yang baru," ungkap Oktarina.

"Selain itu, kami juga menyambut baik Bapak Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama dan Bapak Haru Koesmahargyo sebagai Wakil Direktur Utama. Dengan pengalaman yang panjang serta kompetensi yang dimiliki, kami sangat yakin kehadiran duet Bapak Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama dan Bapak Haru Koesmahargyo sebagai Wakil Direktur Utama dapat meneruskan kinerja positif dan pengelolaan perusahaan yang akuntabel, prudent dan transparan baik untuk IFG maupun anak usahanya," tandas dia.

Berikut ini adalah susunan jajaran Direksi IFG terbaru sebagai berikut:
Direktur Utama: Hexana Tri Sasongko
Wakil Direktur Utama: Haru Koesmahargyo
Direktur SDM: Rizal Ariansyah
Direktur Bisnis: Pantro Pander Silitonga
Direktur Teknik: Rianto Ahmadi
Direktur Keuangan: Heru Handayanto

Baca juga: Bukan Lagi Inalum, Nama Baru MIND ID jadi PT Mineral Industri Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com